MAN 2 Kulon Progo Kenalkan Siswa pada Pabrik Tenun yang Penuh History


MAN 2 Kulon Progo Kenalkan Siswa pada Pabrik Tenun yang Penuh History Siswa MAN 2 Kulon Progo mengunjungi Pabrik Tenun ATBM Boro Kalibawang Selasa 10 Maret 2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-14 07:57:07

Kulon Progo (MAN 2 Kulon Progo) -  Tenun, kebanyakan orang jika mendengar kata itu akan membayangkan kain yang proses pembuatannya rumit menggunakan alat tradisional. Benar, Pabrik ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) Boro salah satunya. Pabrik tersebut  sudah berdiri sejak puluhan  tahun yang lalu. Sebagai upaya menambah wawasan dan meningkatkan kemandirian siswa untuk menjadi pengusaha, MAN 2 Kulon Progo (MANDAKU)  mengajak siswa kelas X ke pabrik tenun ATBM Boro Kalibawang Selasa (10/3). Kegiatan ini merupakan rangkaian program Perkemahan Bhakti Karya  (Perbhara).

Bersaing dengan banyak raksasa tekstil, ATBM Tenun Boro tetap bertahan. Pabrik tersebut berdiri tahun 1938 oleh bruder-bruder Santa Maria yang terletak di Lereng Menoreh Kalibawang Kabupaten Kulon Progo. Di sana telah memproduksi kain pel, selimut, serbet, sarung, handuk, sprei, sarung bantal, lap tangan, lap piring. Selain itu juga memproduksi kain selimut yang sudah terkenal sejak zaman dahulu, loreng-loreng biru putih yang sering digunakan pasien di rumah sakit.

MAN 2 Kulon Progo Kenalkan Siswa pada Pabrik Tenun yang Penuh History

MAN 2 Kulon Progo Kenalkan Siswa pada Pabrik Tenun yang Penuh History

Para siswa diperkenankan melihat proses pembuatan produk dari awal sampai akhir. Paulus selaku pemandu kegiatan kunjungan mengatakan bahwa pabrik ini mengolah barang dari kapas biasa. “Kemudian diproses dengan istilah pemintalan dari kapas menjadi helaian benang. Dan dari benang inilah kemudian dibuat berbagai barang yang berguna untuk kehidupan sehari-hari, “ jelas Paulus dengan sangat ramah.

"Senang melihat langsung proses pembuatan kain dari kapas sampai menjadi produk yang siap pakai. Ternyata membutuhkan ketelitian kesabaran dan kecermatan," ujar JB Fui Icha Ye Syen siswa kelas X. (est)

Kontributor : MAN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 305

Bagikan