Rakornas Bidang Urais dan Binsyar: Kakanwil Beberkan Rahasia Kesuksesan Kemenag DIY Raih Prestasi


Rakornas Bidang Urais dan Binsyar: Kakanwil Beberkan Rahasia Kesuksesan Kemenag DIY Raih Prestasi
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-03-11 19:59:41

Yogyakarta (Humas Kemenag DIY)—Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama RI digelar di Yogyakarta, Rabu-Jumat (11-13/03/2020). Rakornas mengedepankan tema "Kontekstualisasi Program Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah dalam Gerakan Moderasi Beragama”.

Dalam kesempatan ini Kakanwil Kemenag DIY Edhi Gunawan memberikan sambutan dan materi tentang Studi Banding Layanan, Program dan Capaian Bidang Urais Binsyar Kanwil Kemenag DIY. 

Rakornas Bidang Urais dan Binsyar: Kakanwil Beberkan Rahasia Kesuksesan Kemenag DIY Raih Prestasi

Rakornas Bidang Urais dan Binsyar: Kakanwil Beberkan Rahasia Kesuksesan Kemenag DIY Raih Prestasi

“Sejak 2019 kami terus melakukan peningkatan layanan yang pertama terkait Kepenghuluan, yakni Peningkatan Kompetensi Penghulu dan digulirkannya Ketahanan Keluarga (Pusaka Sakinah),” ujar Kakanwil. Kedua, dalam seksi Pemberdayaan KUA dilakukan Peningkatan Kualitas Manajemen Kelembagaan KUA dan Pengendalian Mutu, Sarana Prasarana dan Sistem Informasi KUA.

“Sementara seksi Kemasjidan dilakukan Pemberdayaan dan Pembinaan Manajemen Masjid dan Direktori Pustaka Islam,” lanjut Kakanwil. Untuk Seksi Pembinaan Syariah dan Sistem Informasi Urusan Agama Islam dilakukan Pengelolaan Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah, Pengelolaan Hisab Rukyat, dan Pembinaan Paham Keagamaan.

“Alhamdulillah pada 2019 kami mampu raih Juara 1 Nasional KUA Teladan dan Juara 1 Nasional LKTI Penghulu,” tuturnya. Torehan prestasi itu diikuti dengan Pembangunan Gedung Balai Nikah 2 Lokasi, Pengadaan tanah KUA Gedongtengen, dan Akses Simkah Website pada 78 KUA.

Program 2020

Dalam kesempatan ini pula, Kakanwil menyinggung program 2020 yaitu Kerjasama KUA Kecamatan dan BLK dalam Pelatihan Usaha bagi Keluarga Muda, Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Remaja, Pembinaan Manajemen Masjid, Pelestarian Budaya sebagai media sosialisasi paham Islam, dan Verifikasi/Pendataan Kepustakaan Islam).

Selain itu juga Pembinaan Penghulu, MBK/KTI, Peningkatan Kualitas Manajemen Kelembagaan KUA, Peningkatan Mutu, Sarana, Prasarana dan Sistem Informasi KUA, Pendaftaran Nikah Online pada Layanan Nikah dan Rujuk KUA Teladan. Juga Pengendalian dan pengawasan Pembangunan Gedung Balai Nikah KUA Kecamatan, Pembangunan Gedung Balai Nikah KUA Kecamatan, Usulan Pengadaan Tanah KUA, Pendistribusian Buku dan Kartu Nikah, dan Rehabiliasi Gedung KUA Kecamatan serta Sarana dan Prasarana KUA.

Kemudian Pengelolaan Jadwal Sholat dan Imsakiyah, Kalibrasi pengukuran arah kiblat, Pembangunan Gedung Pusat Observasi Bulan (POB), Keluarga Sakinah yang Terbina, dan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Calon Pengantin. Lalu program Habituality penggunaan jasa lembaga keuangan Syariah, Gemmar Ekonomi dan Keuangan Syariah, Layanan pendaftaran Sertifikasi produk halal, Pengawasan implementasi  naskah kerjasama Jaminan Produk Halal.

Terakhir yakni Sosialisasi Standar Sertifikat Halal Pemerintah, Verifikasi RPH/RPU bersertifikat Halal, dan Koordinasi dengan stakeholder JPH terkait.

Peserta Rakornas, selain para pejabat Direktorat Urais dan Binsyar Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, juga Kepala Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Provinsi, Kasi Bimas Islam/Urais Kankemenag Kabupaten/Kota se-Indonesia berjumlah 90 orang peserta. (fzi/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : afauzi
Dibaca : 231

Bagikan