Hari Pertama PTS MIN 2 Kulon Progo Lancar


Hari Pertama PTS MIN 2 Kulon Progo Lancar Siswa siswi mengerjakan PTS dengan tenang
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-11 19:46:23

Kulon Progo (MIN2KP) – Hari Pertama Penilaian Tengah Semester MIN 2 Kulon Progo berjalan lancar. Rencananya PTS berlangsung selama 6 hari pada Senin-Sabtu (9-14/3/2020). Kepala MIN 2 Kulon Progo, Etik Fadhilah Ikhsanti mengatakan halitu di sela-sela memantau kegiatan tersebut di madrasahnya, Senin (9/3/2020).

“Hari pertama Penilaian Tengah Semester (PTS) di MIN 2 Kulon Progo berlangsung dengan lancar. PTS  di mulai tanggal 9 Maret sampai 14 Maret 2020. PTS berjalan dengan tertib dan lancar meskipun diguyur hujan. Siswa tidak ada yang terlambat untuk mengikuti ujian,” ungkapnya.

Hari Pertama PTS MIN 2 Kulon Progo Lancar

Hari Pertama PTS MIN 2 Kulon Progo Lancar

Etik  menambahkan bahwa seluruh peserta didik harus mengikuti PTS, sedangkan guru sebagai penilainya. “PTS meliputi seluruh indikator yang mempresentasikan kompetensi inti pada semester genap yang harus dilaksanakan seluruh peserta didik. Sedangkan guru dalam pelaksanaannya bertanggung jawab menyelenggaraan penilaian diantaranya PTS,” imbuhnya.

Selain itu, Etik juga menyampaikan bahwa pembelajaran di MIN 2 Kulon Progo menggunakan Kurikulum 2013 yang harus memperhatikan beberapa standar penilaian. “Karena menggunakan Kurikulum 2013, sehingga dalam penilaian juga memperhatikan beberapa hal yaitu Standar Penialain Pendidikan, Pembelajaran, Penilaian, dan Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam penilaian dilakukan berdasarkan prinsip shahih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan. Sedangkan karakteristik penilaian  menggunakan belajar tuntas, obyektif, dan berkesinambungan,” lanjutnya.

Sementara menurut Ketua Penyelenggara PTS, Sri Handani Widiyaningrum mengatakan bahwa dalam setiap harinya ada dua mata pelajaran yang diujikan. “Pelaksanaan PTS  setiap hari ada dua mata pelajaran dan disela dengan istirahat. Dengan pelajaran Tema dan PAI yang meliputi Akidah Akhlak, Fikih, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam dan Quran Hadis. Sedangkan kegiatan ini seluruhnya ditanggung oleh dana BOS. Harapannya, pelaksaan PTS berjalan dengan lancar sampai hari sabtu, dan siswa tidak ada yang sakit atau halangan sehingga dapat mengukui PTS, tanpa ada yang mengikuti ujian susulan,” terangnya. (dan/abi)

Kontributor : MIN2KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 478

Bagikan