One Day Before, Konsultasi Materi Demi Sukses UAMBN-BK MAN 3 Sleman


One Day Before, Konsultasi Materi Demi Sukses UAMBN-BK MAN 3 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-11 11:29:56

Sleman (MAN 3 Sleman)—Meski bukan penentu kelulusan, Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) merupakan salah satu rangkaian ujian penting bagi siswa madrasah, khususnya siswa yang berada di jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). UAMBN akan menjadi bahan pertimbangan bagi Kementerian Agama (Kemenag) sebagai penyelenggara pendidikan madrasah di Indonesia dalam penentuan pemetaan mutu madrasah, juga sebagai perbaikan program pembelajaran pada madrasah dan pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA.

Guna menyiapkan siswa kelas XII MAN 3 Sleman dalam menghadapi ujian tersebut dan demi suksesnya UAMBN-BK ini, MAN 3 Sleman mengadakan Program “One Day Before”, konsultasi materi ujian satu hari jelang pelaksanaan UAMBN-BK diujikan. Konsultasi ini diampu oleh guru bidang studi, yang terdiri dari Mata Pelajaran Quran Hadis, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

One Day Before, Konsultasi Materi Demi Sukses UAMBN-BK MAN 3 Sleman

One Day Before, Konsultasi Materi Demi Sukses UAMBN-BK MAN 3 Sleman

Bertempat di Ruang Perpustakaan MAYOGA, pada Senin dan Selasa (9-10/03/2020) tampak puluhan siswa melakukan diskusi dan tanya jawab dengan guru bidang studi materi UAMBN-BK. Suasana begitu hidup, karena siswa yang mengikuti program ini memang siswa yang minat dan butuh. Sehingga jalannya diskusi dan tanya jawab pun menjadi sangat efektif.

Eni Isnaeni, S.Ag., Guru Fikih/Ilmu Fikih PK MAN 3 Sleman yang turut serta mendampingi kegiatan “One Day Before” menyatakan bahwa anak-anak sangat antusias. “Alhamdulillah, anak-anak semangat dan antusias dalam memanfaatkan program ini. Ada banyak hal terkait materi yang sudah kita berikan, dan kemudian kita ulang kembali, atau kita kembangkan lagi menjadi sebuah diskusi menarik dalam kegiatan konsultasi ini.” terang Eni.

“Mudah-mudahan anak-anak bisa mengerjakan semua soal dengan baik, lancar, dan hasilnya juga maksimal. Dan berdasarkan cerita dari anak-anak yang sudah selesai ujian di sesi I tadi, alhamdulillah dari materi yang kita pelajari dalam “One Day Before”, ada banyak materi yang keluar,” tambah Eni.

Sementara itu, Ilham Wildana Muhammad Fauzan, siswa Kelas XII Program Keagamaan (PK) merasa sangat terbantu dengan program konsultasi materi ini. “Sungguh, kegiatan ini sangat-sangat membantu saya dalam belajar. Terlebih peserta “One Day Before” adalah para siswa yang memang minat atas kemauan sendiri, sehingga konsultasi ini menjadi lebih fokus,” ucapnya. (Rta)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 203

Bagikan