Tokoh Lintas Agama Terbukti Mampu Redam Konflik


Tokoh Lintas Agama Terbukti Mampu Redam Konflik
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-03-10 13:34:29

Bantul (Humas Kemenag DIY)—Tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DIY terbukti mampu meredam konflik bernuansa keagamaan yang terjadi belakangan ini. Hal ini mengemuka saat Konsinyering Tokoh Lintas Agama, Selasa (10/03/2020), di RM Pondok Ndeso Jalan Imogiri Timur, Bantul. Kegiatan ini diinisiasi sepenuhnya oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY melalui Subbagian Organisasi Tata Laksana dan Kerukunan Umat Beragama (Ortala dan KUB).

“Menurut penelitian yang dilakukan Setara Institute, DIY disebut wilayah intoleran nomor 4 se-Indonesia. Kita harus mewaspadai karena kadang ada pihak tertentu mengail di air keruh,” ungkap Wakil FKUB DIY, Gregorius Sri Nurhartanto, di sela pertemuan.

Tokoh Lintas Agama Terbukti Mampu Redam Konflik

Tokoh Lintas Agama Terbukti Mampu Redam Konflik

Kasubbag Ortala dan KUB yang juga Ketua Penyelenggara, Solikhan Amin, menyebut bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi usaha melestarikan kerukunan di DIY. “Harapannya agar betul-betul menjadi City of Tolerance,” ujarnya. Ia menggarisbawahi bahwa kadang apa yang diberitakan media massa, terlebih yang viral di media sosial, berbeda dengan kejadian sebenarnya di lapangan. “Melalui pertemuan ini diharapkan ada dialog yang terbangun untuk mensikapi beberapa kasus yang terjadi,” sambungnya.

Dalam kesempatan ini, beberapa pengurus FKUB Kabupaten/Kota melaporkan beberapa peristiwa yang sempat mencuat beberapa waktu lalu, termasuk upaya penyelesaian yang telah dilakukan. Hadir dalam kesempatan ini sejumlah pengurus FKUB DIY, FKUB Kabupaten/Kota, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) dan Kankemenag Kabupaten/Kota. (bap)

 

 

 

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 341

Bagikan