Berikan Materi Pra Manasik Haji, Dirjen PHU Sampaikan Inovasi Haji 2020


Berikan Materi Pra Manasik Haji, Dirjen PHU Sampaikan Inovasi Haji 2020
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-03-10 11:58:46

Majalengka (PHU)--Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Nizar menyampaikan beberapa inovasi penyelenggaraan haji tahun 2020 ini di hadapan jemaah haji Kegiatan Bimbingan Pra Manasik Haji Jawa Barat Tahun 1441H/2020M di 2 tempat sekaligus pada hari yang sama, Ahad (08/03/2020) di Majalengka dan Cirebon.

Nizar memaparkan proses dan inovasi penyelenggaraan ibadah haji sekaligus meluruskan informasi keliru yang menimbulkan kegaduhan di kalangan masyarakat. Setelah keberhasilan sistem zonasi di tahun yang lalu, Kemenag telah memantapkan kembali bahwa pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1441H/2020M juga tetap diterapkan sistem zonasi, bahkan menurut pengakuannya satu kabupaten/kota akan ditempatkan pada wilayah yang sama.

"Untuk jemaah haji Jawa Barat ditempatkan di wilayah Misfalah dan jemaah haji dari kab/kota yang sama akan ditempatkan berdekatan. Hal ini dilakukan agar jemaah haji lebih mudah beradaptasi sehingga nyaman dalam melaksanakan ibadahnya," tuturnya.

Selain itu, kembali Ia menjelaskan bahwa pada tahun yang lalu konsumsi yang diberikan kepada jemaah haji di Mekkah hanya sebanyak 40 kali dan pada masa Armuzna atau puncak haji jemaah haji tidak mendapatkan makanan dan minuman.

"Padahal masa puncak haji ini adalah masa yang paling genting dimana jemaah haji sangat membutuhkan nutrisi untuk melaksanakan Rukun Haji. Maka dari itu, berkat negosiasi pemerintah Indonesia kepada pemerintah Arab Saudi, pemberian konsumsi akan ditambah menjadi 50 kali yang akan diberikan pada masa puncak haji," jelasnya.

Peningkatan fasilitas dan sarana prasarana yang akan diberikan kepada jemaah haji oleh pemerintah Indonesia tidak diiringi oleh kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji. "Jadi, bapak dan ibu jemaah haji, biaya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini masih sama dengan tahun yang lalu yaitu Rp. 35.235.602," ungkapnya. (Husni Anggoro)

Sumber: haji.kemenag.go.id/eko

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 108

Bagikan