Market Day MAN 2 Yogyakarta Ajarkan Siswa Kreatif dan Kompetitif


Market Day MAN 2 Yogyakarta Ajarkan Siswa Kreatif dan Kompetitif Salah satu tampilan kedai siswa kelas XI pada acara Market Day di MAN 2 Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-09 13:50:10

Yogyakarta (MAN2Yogyakarta)- Dalam rangka menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan, MAN 2 Yogyakarta menyelenggarakan Market Day yang diikuti oleh 16 stand terdiri dari kelas X dan XI. Semua stand menjual produk yang beraneka ragam mulai dari makanan, minuman, maupun hasil kerajinan tangan.

Jenis makanan, minuman bervariasi dan beraneka ragam. Tak ketinggalan seni menjual dan kreatifitas kelompok dalam menarik pengunjung juga menambah daya tarik tersendiri. Ada yang membuat promosi jika pembeli membawa wadah sendiri maka akan mendapatkan diskon. Ada yang menggunakan trik dengan membeli menu paket maka harga menjadi lebih murah. Promosi unik lainnya adalah pemberian nama unik untuk menu yang dijual. Contoh Sego Yellow untuk nasi kuning, Dragon Sari untuk Naga sari, Kangen kamu Water, Arem Ayem, Klepon Kemenag, Lilin Padam Ice, Rich Mango dan Pisang Renang adalah menu dari kedai DAPURANMU (X IPS 2).

Market Day MAN 2 Yogyakarta Ajarkan Siswa Kreatif dan Kompetitif

Market Day MAN 2 Yogyakarta Ajarkan Siswa Kreatif dan Kompetitif

Konsep Produk kerajian adalah produk inovasi, mengandung tema Back to Nature, memiliki unsur estetika, Ergonomis, kekinian, produk layak jual dengan harga terjangkau. Sementara harga yang dipatok kisaran mulai dari Rp.1000 hingga Rp.10.000.

Ketua panitia Dra. Susilo Murtiningsih menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka penyelenggaraan Ujian Praktik Prakarya Kewirausahaan. “Selain kekompakan siswa untuk mengukur karakter kerjasama, diharapkan kegiatan ini mampu menumbuhkan jiwa enterpreuneur sehingga siswa dapat mengembangkan secara mandiri baik di lingkungan masyarakat sekitar untuk saat ini, maupun kelak ketika lulus dan ingin menjadi pengusaha,” tambahnya.

Seusai pelaksanaan kegiatan dilakukan evaluasi dan berdasarkan laporan siswa perwakilan kelas bahwa semua produk siswa terjual habis dan banyak yang merasa puas dengan hasil kegiatan ini sehingga diharapkan kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan yang terjadwal.

Kepala madrasah Mardi Santosa mengapresiasi kegiatan ini dan memberikan masukan bahwa kegiatan serupa selain menjadi agenda tahunan diharapkan meningkat baik secara kualitas maupun kuantitas. “Tidak menutup kemungkinan akan kita agendakan rutin dengan mengundang orang tua secara keseluruhan baik kelas X,XI maupun XII untuk turut serta menyemarakkan acara ini,” ujar Mardi, Senin (9/3/2020).(diw)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 416

Bagikan