Jampasnas V, Kontingen DIY Tampil Prima


Jampasnas V,  Kontingen DIY Tampil Prima Kontingen DIY usai mengikuti pembukaan Jampasnas
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-07-05 05:06:40

Bali (Inmas DIY) -  Dalam rangka menyemarakkan Jambore Pasraman Tingkat Nasional V yang dihelat di Hotel Aston Denpasar Bali (2-7 Juli), Kanwil Kementerian Agama DIY melalui Bimas Hindu turut serta berpartisipasi mengirimkan kontingennya.

Pada kesempatan ini Dra. Mugiyani, M.Pd.H selaku Pembimas Hindu didampingi para official mengawal 22 pelajar tingkat SD hingga SMA yang terpilih menjadi peserta Jampasnas. Adapun 7 cabang lomba yang diikuti meliputi Lomba Puja Tri Sandhya, Lomba Kramaning Sembah, Lomba Pelafalan Doa Sehari-hari, Lomba Dharma Widya tingkat SD, SMP, SMU/SMK, Lomba Cipta dan Baca Puisi Keagamaan Hindu, Lomba Bercerita Keagamaan Hindu, dan Lomba Yoga Asanas Putra dan Putri.

Jampasnas V,  Kontingen DIY Tampil Prima

Jampasnas V,  Kontingen DIY Tampil Prima

Jampasnas V,  Kontingen DIY Tampil Prima

Rangkaian acara lomba berlangsung Rabu-Jumat (3-5/7) di Hotel Aston dilanjutkan ke Lapangan Lumintang. Saat ditemui di loby hotel, Mugiyani menjelaskan terkait lomba yang sudah dilalui. “Dari sekian lomba tersebut, yang diketahui hasilnya baru CCA,” jelas Mugi. Untuk CCA SD, sambungnya berhasil meraih juara 3 sementara untuk CCA SMP hanya mampu meraih juara harapan I.

Mugi mengaku, terkait persiapan Jampasnas, bulan April lalu sudah mulai pembentukan tim. Pihaknya menunjuk guru sebagai pelatih. ”Sementara untuk peserta dipilih mulai tahun 2018, seleksi mulai dari tingkat Kabupaten/Kota lanjut ke tingkat Kanwil,” ungkapnya kemudian. Untuk kegiatan ini, telah ditunjuk 10 pelatih yang akan intens membersamai para peserta selama latihan.

“Target kami, latihan selama 20 kali. Namun karena terdapat libur sekolah, target tersebut tidak tercapai,” imbuhnya. Mugi menambahkan, dari 7 cabang lomba ada jenis-jenis lomba yang bisa latihan sendiri di rumah tanpa pelatih dan anak tetap memaksimalkan masa liburan untuk berlatih.`

“Sebelum terbang ke Bali, kami mengadakan pemusatan pelatihan pada bulan Juni selama tiga hari (26-28/6) di Hotel Jayakarta. Dalam kegiatan tersebut ditampilkan performa dari masing-masing lomba yang diikuti sehingga kami bisa menilai sejauh apa kesiapan anak-anak menuju Jampasnas ini,” jelasnya. Yang terpenting bagi kami, sambungnya. Persiapan sudah dilakukan semaksimal mungkin, secara aturan sudah sesuai tinggal menunggu hasilnya besok saat acara penutupan, Sabtu (6/7). “Harapannya, lewat ajang Jampasnas ini mampu melahirkan generasi penerus bangsa yang benar-benar berkualitas,” pungkasnya saat mengakhiri wawancara.(tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 399

Bagikan