Market Day MTsN 9 Bantul, Upaya Tingkatkan Jiwa Kemandirian Siswa


Market Day MTsN 9 Bantul, Upaya Tingkatkan Jiwa Kemandirian Siswa Transaksi penjual dan pembeli dalam Market Day MTsN 9 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-09 05:38:16

Bantul (MTsN 9 Bantul) – Market Day merupakan salah satu agenda dalam rangkaian kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) MTs Negeri 9 Bantul yang ke-11. Menurut Ketua Panitia HAB sekaligus Wakil Kepala Madrasah Bidang Humas, Dra. Rahmi Prabawati, tujuan dari kegiatan Market Day ini adalah untuk melatih siswa dalam berwirausaha. Siswa dari dini dilatih untuk meningkatkan kemampuannya dalam berwirausaha menjajakan dagangannya.

Siswa per kelas membuat stand-stand Market Day didampingi orang tua untuk menjajakan dagangan mereka. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Sabtu (07/03), bersamaan dengan rangkaian kegiatan lainnya, yaitu launching program unggulan, lomba untuk SD/MI, wisuda tahfiz, bakti sosial, dan pentas seni. 

Jumlah stand Market Day berjejer 13 stand dari kelas VII, VIII, dan IX. Siswa menjajakan berbagai macam makanan hasil usaha sendiri didampingi orang tua, seperti jus buah, jajanan pasar, nasi kuning, nasi kucing, dan makanan kekinian. Orang tua wali ikut berperan aktif dalam membantu siswa menyediakan dagangan untuk kemudian siswa yang menjajakannya.

Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M. mengatakan, kegiatan HAB merupakan sinergi antara guru, pegawai, siswa, orang tua, komite, dan masyarakat umum. Bentuk sinergitas itu salah satunya tercermin dalam Market Day.

"Kami mengajak orang tua siswa untuk ikut serta menyemarakkan HAB. Caranya, ya, dengan mereka membantu menyediakan dagangan untuk dijajakan di Market Day," tutur Atik, panggilan akrabnya.

Dalam kegiatan Market Day ini selain untuk melatih kewirausahaan, siswa juga dilatih unuk bekerja sama. Siswa bekerja sama menjajakan dagangannya agar terjual. Ada yang menjaga stand, ada yang menyebarkan brosur memperlihatkan menu-menunya, dan ada juga yang berkeliling untuk menjajakan dagangannya dengan menggunakan plakat dan nampan. Berbagai cara kreatif dan menarik dilakukan siswa dalam menjajakan dagangannya agar terjual habis.

Para pembeli dagangan tidak hanya dari kalangan siswa saja, tetapi juga orang tua dan anak-anak SD/MI yang mengikuti kegiatan lomba di MTsN 9 Bantul. Para wali kelas pun dengan aktif mengecek dan mendampingi kagiatan Market Day siswanya. (gas/and)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 238

Bagikan