Lomba Azan MTsN 9 Bantul, Salah Satu Pembinaan Karakter Religius Siswa


Lomba Azan MTsN 9 Bantul, Salah Satu Pembinaan Karakter Religius Siswa Salah seorang peserta lomba sedang melantunkan azan di depan dua juri
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-09 05:20:42

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Azan merupakan seruan kepada umat muslim untuk segera mendirikan salat. Untuk mencari bibit muazin yang ahli, MTsN 9 Bantul menyelenggarakan lomba azan untuk siswa SD/MI di DIY. Lomba azan merupakan rangkaian dari acara Hari Amal Bakti (HAB) ke-11 MTsN 9 Bantul. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (7/3) bertempat di ruang kelas IX C. 

Juri lomba azan, Mawar Udin, S.Pd.I. merasa senang karena antusiasme masyarakat terhadap lomba azan ini sangat baik. Hal itu terbukti, meskipun sosialisasi atau promosinya dalam waktu yang singkat, pendaftar cukup banyak. Mawar mengatakan, bahkan masih ada yang mendaftar pada hari H, meskipun pada akhirnya ditolak karena pendaftaran berakhir pada Kamis (5/7). "Jumlah peserta yang mendaftar ada 37, tetapi ada 3 yang tidak hadir. Jadi total peserta 34 siswa SD/MI," ujarnya.

Lomba azan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mencari bibit unggul dalam bidang keagamaan, khususnya dalam hal lagu-lagu atau irama azan. 

"Ada beberapa peserta yang punya suara khas dan lantunan azannya menggetarkan jiwa," kata juri lomba azan lainnya, Tulus Tri Nugroho, S.Pd..

Tulus berharap dengan adanya lomba azan ini nantinya akan terbentuk muazin-muazin yang andal.

"Semoga dengan diselenggarakannya perlombaan ini bisa menimbulkan rasa percaya diri siswa sebagai calon penerus muazin," harap Tulus.

Hasil kejuaraan lomba diumumkan saat itu juga. Juara 1 dengan total nilai 726 diraih oleh Rafa Hafidz Abdillah dari MI Ma'had Islamy, juara 2 dengan total nilai 720 diraih oleh Nur Armi Yahya dari SD Muhammadiyah Wirobrajan 3, dan juara 3 dengan total nilai 715 diraih oleh Raditya Nadif dari SDIT Ukhuwah Islamiyah. (dap/and)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 386

Bagikan