Ajak siswa SD/MI Peduli Lingkungan, MTsN 9 Bantul Adakan Lomba Pengolahan Limbah


Ajak siswa SD/MI Peduli Lingkungan, MTsN 9 Bantul Adakan Lomba Pengolahan Limbah Peserta lomba pemanfaatan limbah plastik mulai mengolah sampah yang dibawa dari sekolah masing-masing
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-08 19:04:01

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Sejumlah 33 SD/MI di Yogyakarta ikuti lomba pemanfaatan limbah plastik di MTs Negeri 9 Bantul. Lomba tersebut dihelat dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Ke-11 MTsN 9 Bantul. Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., selaku kepala madrasah mengatakan, lomba tersebut sebagai wujud keseriusan MTsN 9 Bantul kembangkan program Sadar Adiwiyata Masemba (SADAM). Atik, panggilan akrabnya, menjelaskan bahwa plastik merupakan limbah terbesar di sekolah/madrasah.

"Plastik selalu ada dan harus segera ditangani. Salah satunya dengan memanfaatkannya kembali menjadi barang bernilai ekonomi," jelasnya.

Lomba pemanfaatan limbah plastik itu digelar selama dua jam, dimulai pukul 7.30-9.30 WIB. Peserta diharuskan membawa limbah plastik dan peralatannya dari sekolah masing-masing. Limbah yang dibawa peserta didominasi oleh botol plastik. Siswa-Siswi sekolah dasar tersebut berhasil menyulap limbah plastik menjadi tempat menata bunga, tempat tisu, dan lainnya.

Koordinator Tim Adiwiyata, Zulisti Sudarodjah, S.Pd.I. menambahkan, selain lomba pemanfaatan limbah plastik, juga digelar pameran olahan limbah karya siswa MTsN 9 Bantul. Ia mengatakan, karya siswa yang dipamerkan memiliki nilai guna dan layak dijual. Beberapa olahan limbah yang dipamerkan antara lain, aneka bunga plastik, vas bunga dari handuk bekas, dan aneka kerajinan dari koran bekas.

Berikut daftar pemenang lomba pemanfaatan limbah plastik MTsN 9 Bantul.

Juara 1: Hannun Nayara S., El-Nino Ardian Putra, M. Arya Putra H. (SD Muh. Karangbendo)

Juara 2: Nadia Aqila Jasmin, Bintang Naya Wirarotama, Naufal Viendra Heka (SD Muh. Karangbendo)

Juara 3: Shafira Elsyia Ardiansyah, Sasikiranaya Alteza Putranto, Rifka Cindy Amelia Syifa Nuriza (SD Adisucipto 1)

(and/nhr)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 171

Bagikan