Antusiasme Tinggi, Guru MTsN 1 Bantul Ikuti AKM


Antusiasme Tinggi, Guru MTsN 1 Bantul Ikuti AKM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-05 08:19:38

Bantul (MTsN 1 Bantul)--Sejumlah 40 guru MTs Negeri 1 Bantul mengikuti Assesmen Kompetensi Minimum (AKM) di ruang Laboratorium Komputer madrasah setempat, Rabu (4/3/2020). Dibimbing oleh seorang proktor dan teknisi, guru menjawab sekitar 30 soal dan 32 kuis setelah sebelumnya memasukan username dan password.

Menurut Kepala MTs Negeri 1 Bantul, Hidayat, S.Ag, M.A setiap guru mata pelajaran diwajibkan mengikuti kegiatan AKM sebab AKM adalah representasi soal setara Ujian Nasional (UN) pada tahun-tahun yang akan datang. Guru harus lebih dulu tahu bagaimanakah bentuk soal sehingga guru bisa merancang pembelajaran mata pelajarannya sedemikian rupa sehingga mampu membantu siswa dalam mengerjakan soal UN.

Antusiasme Tinggi, Guru MTsN 1 Bantul Ikuti AKM

“Saya mengharapkan seluruh guru bisa mengikuti AKM, dan alhamdulillah, semua guru bisa mengerjakan soal termasuk guru olahraga maupun guru BP/BK. Oleh karena keterbatasan proktor dan teknisi, kegiatan AKM diselenggarakan dalam 3 sesi. Sebenarnya bisa saja dilaksanakan dalam satu waktu, namun yang demikian itu akan menimbulkan kekosongan jam pelajaran, Hal itu tidak kami inginkan sehingga kami gunakan jadwal sehingga KBM tetap berjalan dan AKM juga demikian,” kata Hidayat.

Menurut beberapa guru, soal yang tedapat dalam AKM termasuk soal yang menantang. Soal-soal tersebut sangat banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari namun penyelesaiannya memerlukan pemikiran yang dalam. Dengan mengetahui bentuk soal seperti dalam AKM beberapa guru sudah merancang pembelajarannya menggunakan penilaian yang semacam dengan AKM. (vic)

Kontributor : MTSN1BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 229

Bagikan