Jajal Simulasi AKM, Guru MTsN 9 Bantul Rasakan Sensasi Ujian Siswa


Jajal Simulasi AKM, Guru MTsN 9 Bantul Rasakan Sensasi Ujian Siswa Guru-guru MTsN 9 Bantul fokus mengerjakan soal-soal AKM
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-03-04 20:55:01

Bantul (MTsN 9 Bantul) -- Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) adalah kompetensi minimal yang harus dikuasai siswa. AKM ini merupakan satu dari 4 inisiatif Merdeka Belajar yang dicanangkan Menteri Nadiem Makarim. Rencananya AKM ini akan menggantikan Ujian Nasional (UN) mulai tahun 2021. Agar dapat terlaksana dengan baik, AKM mulai diperkenalkan, termasuk kepada guru. Tidak ketinggalan, guru-guru di MTs Negeri 9 Bantul pun jajal AKM di Ruang Komputer, Rabu (04/03). Simulasi yang juga diberikan kepada siswa kelas IX di hari sebelumnya ini diikuti guru selepas jam mengajar.

"AKM dimulai pukul dua siang agar tidak mengganggu pembelajaran," tutur Amin Iskandar, S.Pd., selaku proktor MTsN 9 Bantul.

Amin menambahkan, meski tidak mengganggu pembelajaran, les dan beberapa ekstrakulikuler terpaksa diliburkan. Hal itu dikarenakan guru pengampu harus mengikuti simulasi AKM tersebut. Meski hanya simulasi, semua guru diwajibkan mencoba mengerjakan soal-soal yang tersedia.

"AKM berbeda dengan uji kompetensi guru atau UKG," jelas Amin yang sibuk membantu para guru masuk ke program AKM.

Proktor muda ini menjelaskan, AKM wajib diikuti agar guru bersangkutan memahami soal-soal yang akan dihadapi siswa mendatang. Soal yang tersedia bukan hanya soal-soal pilihan ganda laiknya UN. Akan tetapi, ada juga soal yang mengharuskan memilih lebih dari 1 jawaban dan memberikan penjelasan secara tertulis. Soal-soal tersebut berbasis Programme for International Student Assessment (PISA) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS).

"Siswa dituntut berpikir lebih kritis dalam menyelesaikan soal pada kompetensi literasi dan numerasi. Siswa tidak hanya mengingat, tapi juga memahami, membandingkan, menalar, menganalisis, dan melakukan evaluasi," jelas 

Kepala Madrasah MTsN 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., yang juga tidak ketinggalan jajal AKM. Selain turut andil, Atik, sapaan akrabnya memberikan motivasi kepada guru lainnya agar lebih teliti menjawab soal.

Terhitung ada 35 guru MTsN 9 Bantul yang telah berhasil mengikuti simulasi AKM. (and/nhr)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 1065

Bagikan