Buka Rakernas Ditjen Bimas Islam, Menag: Fokus pada Penguatan Moderasi, Ekonomi Umat, dan Dakwah


Buka Rakernas Ditjen Bimas Islam, Menag: Fokus pada Penguatan Moderasi, Ekonomi Umat, dan Dakwah
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-03-02 13:31:14

Jakarta (Humas Kemenag DIY)—Menteri Agama Fachrul Razi meminta Ditjen Bimas Islam fokus terhadap visi pembangunan keagamaan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) 2020-2024. Menurutnya, ada tiga isu besar yang harus dirumuskan, yaitu penguatan moderasi, ekonomi umat, dan juga dakwah.

Demikian tandas Menag saat membuka Rapat Kerja Nasional Ditjen Bimas Islam 2020 di Auditorim HM Rasjidi, Jl. MH. Thamrin No 6, Jakarta Pusat, Ahad (01/03/2020). Rakernas 2020 mengambil tema “Pengarusutamaan Gerakan Moderasi Beragama di Indonesia Melalui Pendekatan Dakwah, Budaya danGokis  Pemberdayaan Ekonomi Umat”.

Buka Rakernas Ditjen Bimas Islam, Menag: Fokus pada Penguatan Moderasi, Ekonomi Umat, dan Dakwah

Dirjen Bimas Islam, Muhammadiyah Amin, menambahkan Kementerian Agama melihat penguatan moderasi beragama sebagai hal strategis. Sebab, dalam kehidupan beragama dan sekaligus bernegara, sikap ekstrem, baik kanan maupun kiri, apalagi intoleran sangat berbahaya dan mengancam persatuan. Sikap radikal biasanya dimulai dari sekedar tidak suka atau tidak menghargai, bahkan membenci kelompok-kelompok yang lain.

Sejalan dengan itu, Rakernas Ditjen Bimas Islam 2020 memberi perhatian besar pada program Moderasi Beragama yang telah dilaksanakan Kemenag dalam beberpa periode terakhir. Rakernas ini diharapkan melahirkan respon yang cepat untuk berbagai masalah di tahun 2020 ini.

Acara ini diikuti 755 pejabat di lingkungan Ditjen Bimas Islam, termasuk  34 Kepala Kanwil Kemenag Provinsi, 514 Kepala Kemenag Kabupaten/Kota, dan para pejabat eselon III dan IV serta pegawai di lingkungan Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama. Hadir dari Kemenag DIY Kabid Penerangan Agama Islam Zakat Wakaf Muklas, Kabid Urusan Agama Islam Nadhif, Kakankemenag Bantul Buchori Muslim, dan sejumlah pejabat lainnya. (kemenag.go.id/bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 453

Bagikan