Staf Khusus Menag Ingatkan Peran Penting Kehumasan


Staf Khusus Menag Ingatkan Peran Penting Kehumasan
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-02-24 22:02:03

Depok (Humas Kemenag DIY)—Peran kehumasan bagi instansi sebesar Kementerian Agama tentu sangat penting. Pasalnya, citra positif akan menunjang kinerja lembaga bersangkutan. Jika citra positif ini didapat, maka dukungan publik akan mengalir. Dukungan ini diperlukan bagi keberlangsungan sebuah lembaga.

Hal ini mengemuka saat Ubaidillah Amin Moech, Staf Khusus Menteri Agama RI tampil menjadi narasumber Rapat Koordinasi Kehumasan Bidang Pengawasan oleh Inspektorat Jenderal Kemenag di Hotel Santika, Depok, Jawa Barat, Senin (24/02/2020) malam.

Staf Khusus Menag Ingatkan Peran Penting Kehumasan

Staf Khusus Menag Ingatkan Peran Penting Kehumasan

Gus Ubaid, demikian akrab disapa, menyampaikan materi Refleksi Peran Kehumasan: Resolusi Konflik Manajemen Informasi dan Media Sosial. Staf khusus Bidang Hubungan Antar Organisasi Kemasyarakatan Sosial Keagamaan dan Komunikasi Publik itu menegaskan hakikat konflik adalah sesuatu yang alamiah dan keniscayaan. “Humas birokrasi harus mampu meredam isu negatif yang ada di media,” jelasnya.

Ia lantas menyitir penegasan Menag Jenderal (Purn) Fachrul Razi yang mengingatkan bahwa Kemenag ibarat baju putih. “Jika ada sedikit noda pasti kelihatan,” ungkapnya.

Di sisi lain, Gus Ubaid juga menyinggung peran medsos masa kini. “Komunikasi yang baik perlu dilakukan untuk meredam konflik,” katanya. Informasi yang viral di medsos, imbuh lulusan Al Azhar Kairo Mesir ini, tidak jarang menjadi konflik dunia nyata. Semua orang kini seolah mudah tersulut emosi via medsos, karena bersifat personal dan real time. “Medsos bukan untuk dihindari tapi dikelola dengan baik,” ujarnya mengingatkan.

Kegiatan Rakor diikuti 100 peserta. Dengan rincian Kasubbag Umum dan Humas, satu pelaksana Humas Kanwil Kemenag se-Indonesia, serta ditambah tim auditor Itjen Kemenag RI. Rakor akan berlangsung hingga Rabu (26/02/2020) mendatang.

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : afauzi
Dibaca : 734

Bagikan