MTsN 9 Bantul Sambut Hari Peduli Sampah Nasional


MTsN 9 Bantul Sambut Hari Peduli Sampah Nasional Siswa-siswi MTs Negeri 9 Bantul menunjukkan keceriaan mereka ketika membersihkan sampah (Dok. MTs N 9 Bantul)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-21 16:01:52

Bantul (MTs N 9 Bantul) – Kebersihan dan kesehatan madrasah menjadi salah satu kunci belajar nyaman dan menyenangkan. Untuk itulah, MTs Negeri 9 Bantul akan tingkatkan kebersihan dan kesehatan lingkungan dengan beberapa program terstruktur. Kepala Madrasah MTs N 9 Bantul, Nur Hasanah Rahmawati, S.Ag., M.M., memaparkan program-program tersebut.

“Berkaitan dengan Hari Peduli Sampah Nasional ini, kami akan tingkatkan kebersihan dan kesehatan madrasah,” tuturnya.

Nur Hasanah mengatakan bahwa ke depannya pengelolaan sampah di MTs N 9 Bantul akan lebih baik lagi. Ia mempunyai program terstruktur, seperti pemilahan sampah, Sabtu Bersih, lomba kebersihan kelas, pengadaan Bank Sampah, dan penerapan Reduce, Reuse, Recycle, Replace, dan Replant (5R).

Selain pengelolaan sampah, Nur Hasanah pun akan meningkatkan pengelolaan polusi. Polusi udara akan diatasi dengan pemberlakuan lingkungan bebas asap rokok, asap kendaraan, dan asap pembakaran. Polusi air dikelola dengan cara rutin menguras kamar mandi, membersihkan selokan, dan memanfaatkan air bekas wudu untuk memelihara ikan. Kemudian, polusi tanah akan ditingkatkan pengelolaannya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke tanah yang subur.

Kebersihan lingkungan tersebut akan didampingi dengan kebersihan diri. Nur Hasanah mencanangkan akan memberikan pelatihan cuci tangan yang benar kepada siswa-siswi.

“Siswa-siswi akan diberikan pelatihan cuci tangan untuk selanjutnya dijadikan kebiasaan,” paparnya.

Untuk mencapai target itu, Nur Hasanah mengatakan siap menyediakan wastafel di setiap kelas sekaligus beserta sabun antiseptiknya. Selain itu, kebersihan badan dan pakaian pun akan digalakkan. Siswa-siswi MTs Negeri 9 Bantul akan selalu dihimbau untuk mandi minimal dua kali sehari dan menjaga kebersihan serta kerapian seragam.

“Semoga niat baik ini bisa terlaksana dan menjadikan madrasah kita semakin bersih dan sehat,” pungkas Nur Hasanah. (and)

Kontributor : MTSN9BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 255

Bagikan