Duet Pengawas, Verifikasi Dokumen Guru MTsN 6 Kulon Progo


Duet Pengawas, Verifikasi Dokumen Guru MTsN 6 Kulon Progo
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-20 03:26:57

Kulon Progo (MTsN 6)- Penampilan vokalis terkadang tampil sendiri (solo) namun terkadang juga berpasangan (duet). Demikian pula yang dilakukan Pengawas Madrasah Kulon Progo Barokatussolihah, S.Ag, M.SI berpasangan dengan Dra. Hj. Kalimah, S.Ag saat melakukan verifikasi dokumen mutu guru di MTsN 6 Kulon Progo, Selasa (18/2/2020).

Pengawas yang hobi bernyanyi ini menjelaskan, verifikasi yang dilakukan sebagai ajang silaturhmi dengan stakeholder madrasah sekaligus memotivasi guru makin semangat mengajar. “Harapan saya verifikasi dokumen mutu guru semester Genap ini menjadikan guru semakin semangat dalam pembelajaran maupun melengkapi administrasi, sehingga MTs N 6 semakin berprestasi, berkarakter dan menjadi madrasah hebat bermartabat,” imbuhnya.

Duet Pengawas, Verifikasi Dokumen Guru MTsN 6 Kulon Progo

Duet Pengawas, Verifikasi Dokumen Guru MTsN 6 Kulon Progo

Hal yang diverifikasi meliputi tiga poin yakni program, dokumen,pelaksanaan dan penilaian. Program terdiri  : Program Tahunan (Prota), Program Semester (Pronmes), Silabus, Renacana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku guru dan siswa, tugas terstruktur, mandiri, handout. Hasil kegiatan di MGMP tentang kompetensi sikap spiritual dan karakter, rancangan penilaian, analisis buku guru dan siswa, perumusan KKM.

Dokumen  berupa : Penilaian Tindakan Kelas (PTK), Penilaian Kinerja Guru (PKG). Sedangkan Pelaksanaan dan Penilaian meliputi : presensi, agenda guru, kisi-kisi dan soal tes, buku nilai, analisis hasil belajar, program remidi, pengayaan, perbaikan, tindak lanjut, catatan hambatan belajar, nilai tugas praktek, portofolio dan proyek, portofolio siswa.

Khusus Kepala Madrasah (Kamad), Wakil Kepala Madrasah (Wakamad), Wali Kelas dan pengampu Ekstra Kurikuler diminta menyiapkan program kerja, bukti pelaksanaan dan laporan.

            Wakamad Urusan Humas Ani Romadhoni, S.Pd mengungkapkan, secara keseluruhan ada 29 guru di MTsN 6 Kulon Progo namun yang dicek administrasinya diutamakan yang berstatus ASN maupun non ASN tetapi sudah sertifikasi.
Pelaksanaannya menyesuaikan yaitu disela-sela guru mengajar agar tidak mengganggu proses pembelajaran.

Kepala Madrasah Imam Syamroni, S.Pd menyambut baik dilakukannya verifikasi berkala setiap semesternya. “Saya sampaikan kepada bapak ibu guru agar mempersiapkan administrasi sedini mungkin. Meski saya yakin ada kekurangan disana sini, itu adalah hal yang wajar. Namun semuanya harus tetap harus menyajikan administrasi sebagaimana yang telah kami sampaikan sebelumnya,”tandas Imam.(tan)

Kontributor : MTSN6KP
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 252

Bagikan