Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Online


Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Online Kepala BPS DIY, Dr. Heru Margono saat menyampaikan materi
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-02-19 15:58:29

Bantul (Humas Kemenag DIY). Selasa (18/02). Publikasi “D.I. Yogyakarta Dalam Angka 2020” merupakan salah satu produk utama yang rutin diterbitkan setiap tahun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) DIY. 

Kepala BPS DIY, Dr. Heru Margono menyampaikan bahwa publikasi ini menyediakan data dan informasi dari berbagai sektor untuk memberikan gambaran umum tentang keadaan demografi, ekonomi, sosial, pangan dan sebagainya di DIY. "Untuk memudahkan pemahaman dan pemanfaatan data, publikasi ini disajikan dalam bentuk infografis, tabel-tabel, dan analisis deskriptif. Dengan memanfaatkan publikasi ini, pelaksanaan pembangunan dan perubahan di wilayah DIY dapat dicermati secara berkesinambungan, sehingga dapat menjadi dasar memantapkan perencanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan yang terpadu serta berkelanjutan sebagai upaya mendukung otonomi daerah, " papar Heru pada Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Data DIY Dalam Angka 2020 di Hotel Grand Dafam Rohan Jogja, Jl. Gedongkuning No. 336, Modalan, Banguntapan, Bantul, Selasa (18/02/2020). 

Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Online

Sukseskan Sensus Penduduk 2020 Online

Untuk pertama kalinya Badan Pusat Statistik atau BPS memakai sistem daring (online) dalam melakukan sensus penduduk. Masyarakat hanya perlu menyiapkan kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP dan kartu keluarga (KK) yang di dalamnya terdapat nomor induk kependudukan (NIK).

Periode sensus penduduk 2020 online (SP2020 Online) dimulai pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020. 

Data penduduk dalam SP 2020 akan menjadi dasar pemerintah dalam membuat berbagai kebijakan, seperti pendidikan, pangan, kesehatan, dan perumahan. Selain itu, sensus penduduk menjadi parameter demografi dan proyeksi soal fertilitas, mortalitas, migrasi, dan karakteristik lainnya untuk indikator tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs).

Bagi masyarakat yang ingin melakukan SP2020 Online, langkah pertama adalah membuka situs sensus.bps.go.id. Lalu, masukkan NIK sesuai KTP dan nomor KK serta kode captcha yang tertera pada layar. Klik “cek keberadaan”.

Langkah selanjutnya, buat sandi kunci atau password yang berlaku untuk seluruh anggota dalam satu KK. Setiap KK hanya perlu satu password. Kalau satu KK ada lima orang, password-nya harus sama. Bisa diisikan semua, bisa juga masih-masing. Kemudian pilih pertanyaan pengaman untuk keamanan data.

Setelah itu, layar akan menunjukkan 22 pertanyaan dasar. Beberapa di antaranya adalah nama, tempat dan tanggal lahir, agama, tempat tinggal, pendidikan, dan pekerjaan. Contoh lainnya adalah berapa daya listrik di rumah dan air minum yang digunakan.

Jawab pertanyaan tersebut dan data anggota keluarga lainnya. Langkah terakhir, usai menjawab pertanyaan, klik kirim dan unduh bukti pengisian. (tej/fzi)

Kontributor : afauzi
Editor : afauzi
Dibaca : 442

Bagikan