Rapat Pleno Komite MAN 2 Yogyakarta


Rapat Pleno Komite MAN 2 Yogyakarta
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-18 14:07:24

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta)—Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah, Komite Sekolah/Madrasah mempunyai tugas untuk memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan terkait: kebijakan dan program Sekolah/Madrasah, Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah/Madrasah, Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RAPBS/RKAS), kriteria kinerja Sekolah/Madrasah, kriteria fasilitas pendidikan di SekolahMadrasah, dan kriteria kerjasama Sekolah/Madrasah dengan pihak lain.

Sebagai lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua/wali peserta didik, komunitas sekolah/madrasah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan, maka komite sekolah/madrasah harus menjalankan fungsinya dalam meningkatkan mutu pelayanan pendidikan. 

Rapat Pleno Komite MAN 2 Yogyakarta

Rapat Pleno Komite MAN 2 Yogyakarta

Komite Madrasah merupakan mitra penting untuk mengawal dan mengantarkan madrasah menuju kejayaan dengan pelayanan mutu yang prima. Dikarenakan hal tersebut MAN 2 Yogyakarta menjaga harmonisasi dengan komite madarasah. Ada pengurus harian komite madrasah, rapat pleno setiap tiga bulan sekali. Komite MAN 2 Yogyakarta mencurahkan pemikiran dan perhatian yang sangat baik. Pada Sabtu (15/02/2020) pukul 09.00 WIB, komite MAN 2 Yogyakarta mengadakan rapat pleno.

Rapat pleno diawali dengan sambutan dari ketua komite, Drs. H. Bun Yamin, M.A. Diharapkan komite madarasah menjaga harmonisasi dengan pihak madrasah, mengefektifkan piket dan kinerja sesuai tupoksinya, pihak madarasah harus merespon cepat dan menindaklanjuti masukan-masukan dari komite.

Rapat pleno dilanjutkan dengan pemaparan grand design dari Kepala MAN 2 Yogyakarta, Drs. H. Mardi Santosa. Secara garis besar Kepala MAN 2 Yogyakarta menyampaikan Visi Madrasah sampai pada tahun 2034, antara lain Penguatan Tata Kelola Madrasah, Peningkatan Kualitas Madrasah Keunggulan Propinsi, Peningkatan Kualitas Madrasah Keunggulan Nasional, Peningkatan Kualitas Madrasah dengan Data Global.

Pemaparan Action Plan Komite 2020 dipandu oleh sekertaris komite, Dr. Arif Achyat, antara lain :

  1. Public Hearing Civitas Akademika Madrasah pada bulan Maret/April 2020
  2. Workshop Evaluasi Proses Belajar Mengajar pada bulan April/Juli 2020
  3. Benchmarking dengan stakeholder (Madrasah/Sekolah Sederajad)
  4. Kerjasama dengan stakeholder (BUMN, Pemda, dsb) pada bulan Juni/Agustus  2020

 Dengan harmonisasi dan sinergitas yang tinggi antara komite madrasah dan pihak madrasah akan berdampak pada terwujudnya kualitas pelayanan pendidikan yang prima. (ida)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 337

Bagikan