Diklat Sentiment Analysis, Sajikan Materi BLC 


Diklat Sentiment Analysis, Sajikan Materi BLC 
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-02-18 07:52:38

Jakarta (Humas Kemenag DIY) – Pusdiklat Balitbang SDM Kementerian Kominfo sajikan materi Building Learning Commitment  (BLC) atau Membangun Komitmen Belajar dalam Diklat Sentiment Analysis, Senin (17/02/2020). Materi ini sebagai salah satu materi penunjang dalam setiap pelatihan dan sangat diperlukan dalam mengawali suatu proses pelatihan.

Kegiatan ini melibatkan 25 praktisi humas dari 13 instansi seluruh Indonesia. Diantaranya dari Dinas Kominfo, LAN, DPR RI, Badan Pemberdayaan Perempuan, Badan Informasi Geospasial, UTS, UNS, Universitas Mataram, Dinas Perikanan dan Kelautan termasuk Kementerian Agama.

Diklat Sentiment Analysis, Sajikan Materi BLC 

Nur Azizah selaku narasumber menyampaikan, jika materi BLC dapat diaplikasikan dengan baik oleh fasilitator/widyaiswara maka proses kegiatan pelatihan dapat berjalan efektif dan mencapai tujuan pelatihan secara optimal.

Menurutnya, pembelajaran BLC tujuannya agar peserta dapat saling mengenal diantara peserta pelatihan. "Selain itu juga sebagai sarana menyiapkan diri untuk belajar bersama secara aktif dalam suasana yang kondusif, sekaligus menyiapkan diri untuk belajar bersama secara aktif dalam suasana yang kondusif," jelasnya. "Juga mengupas tentang jenis tipologi karakter dalam test kepribadian," tambahnya.

Ia menyebut dalam tes DISC tersebut membagi 4 tipe perilaku individu ketika berinteraksi dengan lingkungannya, yakni  Dominance, Influence, Steadiness dan Compliance. "Ini merupakan suatu konstruksi yang cukup kompleks, dan tidak mudah digambarkan dengan satu kata saja, tetapi dapat dikelompokkan sebagai unsur ketegasan (assertiveness), komunikasi (communication), kesabaran (patience) dan struktur (structure)," paparnya. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 714

Bagikan