Kapusdiklat Kemenkominfo: Praktisi Humas Teladani Empat Sifat Rasulullah


Kapusdiklat Kemenkominfo: Praktisi Humas Teladani Empat Sifat Rasulullah Saat Kapusdiklat memberikan sambutan dan materi
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-02-17 16:32:03

Jakarta (Humas Kemenag DIY) - Dalam rangka memaksimalkan peran para pelaku humas dalam mengelola data dan informasi untuk disampaikan ke publik, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo) menyelenggarakan Pelatihan Teknis Analisis Media Sosial untuk Komunikasi Publik (Sentiment Analisys) Angkatan I.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Kapusdiklat Balitbang SDM Kominfo RI Ushuluddin, SH, MM, Senin (172/2020) di Gedung E lantai III Pusdiklat Balitbang SDM Kementerian Kominfo RI Jakarta Barat.

Kapusdiklat Kemenkominfo: Praktisi Humas Teladani Empat Sifat Rasulullah

Kapusdiklat Kemenkominfo: Praktisi Humas Teladani Empat Sifat Rasulullah

Dalam sambutan dan materinya Kapusdiklat Balitbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Ushuluddin SH MM memaparkan tentang pentingnya mengelola data dan informasi ke publik. 

Melalui pelatihan ini, praktisi humas di seluruh lembaga pemerintah diharapkan dapat membangun opini publik dengan data yang akurat. Pihaknya menilai ASN yang bergerak di kehumasan jurnalis dapat memanfaatkan fakta yang didapatkan dari analisis narasi yang bermunculan di dunia digital.

Penggunaan media sosial saat ini dapat dijadikan masyarakat sebagai sumber untuk memperoleh informasi dan berita. Untuk membuat media sosial lebih dapat tervalidasi dengan baik, membutuhkan sebuah sistem dan strategi untuk memberikan data akurat dan riil ke tengah masyarakat.

Kelemahannya, selama ini para pelaku humas kadang kurang menguasai informasi. "Sementara informasi kalau sudah ditayangkan ke publik boleh dikonsumsi, sudah jadi milik publik,  dan boleh diekspos,” terangnya.

Di sinilah dituntut peran humas untuk mampu memahami informasi mana yang benar dan salah. "Sehingga dalam bekerja harus meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah," tandasnya.

Selaku Aparatur Sipil Negara (ASN) tentu banyak tugas dan amanah yang harus dikerjakan dalam melayani masyarakat. Tak hanya berfungsi sebagai abdi negara, ASN juga harus bisa menjadi teladan bagi masyarakat. Untuk itu Kapusdiklat mendorong jajarannya beserta instansi lainnya yang hadir pada kegiatan itu agar terus meningkatkan kualitas dirinya, baik akhlak maupun intelektual.

Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, Senin-Jumat (17 s.d 21/2/2020) di Pusdiklat Kominfo Jakarta Barat dan diikuti 25 peserta dari praktisi humas sejumlah instansi pemerintahan seperti Dinas Kominfo, LAN, DPR RI, Badan Pemberdayaan Perempuan, Badan Informasi Geospasial, UTS, UNS, Universitas Mataram, Dinas Perikanan dan Kelautan termasuk Kementerian Agama. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 360

Bagikan