Studi Lapangan, MAN 1 Bantul Telusuri Sejarah di Sangiran


Studi Lapangan, MAN 1 Bantul Telusuri Sejarah di Sangiran MAN 1 Bantul mengunjungi Museum Sangiran.
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-17 13:52:17

Jawa Tengah (MAN 1 Bantul) – Salah satu program kerja Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bantul adalah melaksanakan studi lapangan untuk kelas X. Program ini bertujuan untuk menambah wawasan bagi siswa langsung dari lapangan. Kunjungan studi lapangan ini dilaksanakan pada Sabtu, (15/2/2020) di Museum Purbakala Sangiran dan Museum Manusia Purba Sangiran Kalster Dayu.

“Program studi lapangan untuk siswa kelas X MAN 1 Bantul ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi siswa tentang sejarah Sangiran sehingga mucul motivasi dan apresiasi untuk mencintai sejarah Indonesia,” ungkap Kepala MAN 1 Bantul, Abdul Ghofur, S.Ag., M.Pd.

Studi Lapangan, MAN 1 Bantul Telusuri Sejarah di Sangiran

Studi Lapangan, MAN 1 Bantul Telusuri Sejarah di Sangiran

Siswa berangkat dari MAN 1 Bantul bersama guru pembimbing pukul 06.00 dan tiba di Museum Sangiran pukul 10.00 dengan menggunakan lima bus. Museum Purbakala Sangiran terletak di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Museum ini berdekatan dengan area situs fosil purbakala Sangiran yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Di museum Sangiran diperoleh berbagai informasi tentang pola kehidupan manusia purba di Jawa.

“Di Museum Sangiran, siswa dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama mengamati penemuan air asin yang membuktikan Sangiran dulunya adalah dasar laut. Kelompok kedua mengamati koleksi di Sangiran, dan kelompok ketiga melihat pemutaran film terbentuknya Situs Sangiran,” jelas Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Heni Prilantari, M.Pd.

Setelah salat duhur dan makan siang, perjalanan dilanjutkan ke Museum Manusia Purba Sangiran Klaster Dayu, Budaya dan Lapisan Tanah Purba. Museum ini berada di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Museum Dayu mampu menggambarkan secara berurutan evolusi lingkungan sejak Sangiran berupa rawa hingga daratan.

Siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan terlihat dari banyaknya pertanyaan yang sering diajukan siswa pada Tour Guide. “Alhamdulillah kegiatan berlangsung dengan lancar, siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, proaktif bertanya sehingga mendapatkan banyak manfaat dari perjalanan ini,” pungkas Ghofur.

Kontributor : MAN 1 BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 369

Bagikan