Jelang UAMBNBK dan UNBK, Ratusan Siswa MAN 5 Sleman Gelar Mujahadah


Jelang UAMBNBK dan UNBK, Ratusan Siswa MAN 5 Sleman Gelar Mujahadah Kegiatan Mujahadah MAN 5 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-17 11:44:38

Sleman (MAN 5 Sleman) - Mendekati berlangsungnya Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBNBK) yang akan digelar 9-11 maret 2020 dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar 30 Maret – 2 April 2020, maka  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman, mengadakan Mujahadah, serta sosialisasi UAMBNBK dan UNBK.  Kegitan ini diikuti seluruh siswa kelas XII, guru, karyawan dan orang tua siswa di Aula madrasah setempat, Sabtu (15/2/2020).

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad  dalam sambutannya menegaskan bahwa program ini dilaksanakan guna memberi amunisi secara batiniah sehingga siswa benar-benar siap menempuh Ujian Nasional. Upaya ini dipandang perlu agar mental anak-anak semakin tertempa melalui doa dan munajat memohon petunjuk dan pertolongan Allah SWT dalam bentuk mujahadah zikir dan tahlil.

Jelang UAMBNBK dan UNBK, Ratusan Siswa MAN 5 Sleman Gelar Mujahadah

Jelang UAMBNBK dan UNBK, Ratusan Siswa MAN 5 Sleman Gelar Mujahadah

Jelang UAMBNBK dan UNBK, Ratusan Siswa MAN 5 Sleman Gelar Mujahadah

“MAN 5 Sleman berupaya membekali kesiapan siswa secara batiniah dalam bentuk doa bersama atau mujahadah dan sungkem pada orang tua untuk meminta maaf dan doa restu agar sukses mengikuti ujian nasional,” terang Aris Fuad.

Lebih lanjut Aris Fu’ad mengingatkan untuk suksesnya ujian nasional semua orang tua harus turut mengawasi, mengingatkan, membimbing putra-putrinya belajar di rumah, agar dapat meraih hasil yang terbaik. “Sangat penting untuk membangun sinergisitas antara madrasah dengan pihak orang tua atau wali siswa demi terwujudnya sukses dalam pelaksanaan maupun hasil UN," pesan Aris Fu’ad.

Sedangkan Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum, Musfiroh, S.Pd, M.Pd dalam paparannya menjelaskan tentang agenda kegiatan UAMBN dan UNBK Tahun Pelajaran 2019/2020. Di samping itu juga menjelaskan perlunya dilakukannya kegiatan ini. “Banyak hikmah yang didapat dari mujahadah. Dikatakannya semoga siswa semakin siap psikisnya dan tenang mengerjakan soal ujian karena segalanya sudah dipasrahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga siswa tak perlu takut atau risau,” jelas Musfiroh.

Lasmi Savitri, siswa kelas XII IPS1 mengaku bahwa mujahadah ini sangat bermanfaat untuk mempersiapkan secara dini agar lebih siap menempuh Ujian Nasional. “Mujahadah jika hanya mengandalkan saat di rumah, tidak akan terlaksana secara khikmad,” ungkap Lasmi sapaan akrabnya.

Dalam mujahadah para siswa mengikuti dan menirukan bacaan berupa zikir dan tahlil yang diakhiri dengan doa Bersama yang dipimpin oleh Drs. H. Daryono, M.Pd, dan dilanjutkan dengan siswa melakukan sungkem kepada para orang orang tua masing-masing untuk meminta maaf dan sekaligus meminta doa restu orang tua agar diberikan kemudahan, kelancaran dan hasil yang tebaik dalam ujian nasional kali ini. Diakhir kegiatan juga dibagikan hasil nilai berbagai macam Try Out yang selama ini sudah dilakukan para siswa oleh wali masing-masing. (tmr)

 

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 307

Bagikan