Kabid Dikmad Kemenag DIY Sampaikan Manfaat Tahfidz di MAN 3 Bantul


Kabid Dikmad Kemenag DIY Sampaikan Manfaat Tahfidz di MAN 3 Bantul Kabid Pendma di Wisuda Tahfidz MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-16 22:43:35

Bantul (MAN 3 Bantul)—Wisuda Tahfidz di MAN 3 Bantul Kamis (13/2) menyimpan banyak hikmah  didalamnya. Banyak sekali manfaat tahfidz  akan didapatkan oleh siswa yang berusaha sungguh-sungguh melaksanakan kegiatan menghafal Al Qur’an.  Pada kegiatan ini hadir juga beberapa pejabat Kementerian Agama. Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satunya. Acara juga dihadiri oleh para kyai dari pondok pesantren di sekitar MAN 3 Bantul. Diundang juga seluruh mantan Kepala Madrasah yang pernah memimpin MAN 3 Bantul atau dulu dikenal sebagai MAN Wonokromo.

Dalam sambutannya Kabid Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta Muntolib menyampaikan bahwa tahfidz adalah program Kementerian Agama  Republik Indonesia yang merupakan bagian dari pendidikan karakter. “Sekarang ini masyarakat intelektual  telah mengakui manfaat tahfidz sehingga diakui secara nasional maupun internasional. Tahfidz bukan hal yang mudah dan sederhana, perlu kesungguhan hati, ketekunan, dan kecerdasan untuk mencapainya. Karena itu maka orang yang telah sukses menghafal Al Qur’an maka dia juga diprediksi akan sukses dalam menuntut ilmu di Perguruan Tinggi nantinya,” tandas Muntholib. 

Kabid Dikmad Kemenag DIY Sampaikan Manfaat Tahfidz di MAN 3 Bantul

“Bahkan ada 10 Perguruan Tinggi Negeri yang siap menerima mahasiswa baru tanpa tes dikarenakan kemampuan tahfidz Al Qur’an. Ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi siswa madrasah untuk meraih masa depan. Dengan tahfidz maka kesuksesan yang didapat bukan hanya sukses dunia tapi juga sukses akhirat,” tambahnya lagi.

Muntolib juga menambahkan, selain berbagai karakter positif seperti jujur, pekerja keras, cerdas, taat, tidak mudah mnyerah maka siswa yang menjadi hafidz/ah juga akan terjaga dari hal buruk. “Dia tidak mungkin ikut aksi klithih karena dia mampu mengendalikan diri dalam kebaikan. Semakin banyak generasi muda yang mau menghafalkan Al Qur’an maka berbagai penyakit sosial di kalangan masyarakat akan berkurang. Sehingga akan muncul masyarakat yang lebih baik,” pungkasnya.

Waka Kurikulum MAN 3 Bantul Sumarna menginformasikan kegiatan tahfidz di MAN 3 Bantul dilakukan sepanjang tahun, berkolaborasi dengan pondok di sekitar madrasah. “MAN 3 Bantul menyadari manfaat tahfidz bagi siswa sehingga setiap tahun selalu menyelenggarakan pelajaran tahfidz dan juga wisuda tahfidz,” terangnya. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 501

Bagikan