Kakankemenag Bantul Beri Mauidhoh Hasanah di Wisuda Tahfidz MAN 3 Bantul


Kakankemenag Bantul Beri Mauidhoh Hasanah di Wisuda Tahfidz MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-16 20:56:38

Bantul (MAN 3 Bantul)—MAN 3 Bantul menyelenggarakan  kegiatan wisuda tahfidz pada Kamis (13/2). Dalam kegiatan tersebut hadir seluruh siswa kelas XII MAN 3 Bantul berjumlah 218 siswa.  Siswa yang di wisuda karena berhasil menghafalkan Al Qur’an sesuai target yaitu minimal hafal juz 2 ada 98 siswa. Dalam wisuda kali ini terdapat 3 siswa yang mendapat penghargaan karena paling banyak pencapaiannya dalam menghafal Al Qur’an. Yaitu 10 juz, 20 juz, dan ada yang berhasil menyelesaikan hafalan sebanyak 30 juz. Orang tua dari siswa yang diwisuda ini juga diundang sehingga membuat suasana kegiatan wisuda tahfidz makin semarak.

Dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Bantul Buchori Muslim hadir dan  memberikan mau’idhoh hasanah. Dalam mau’idhoh hasanahnya Buchori menyampaikan semangat untuk anak-anak yang berhasil wisuda tahfidz, juga menyelamati orang tua yang berhasil mengantarkan anak mereka dalam jenjang kemuliaan menjadi Hafidz dan Hafidzah Al Qur’an.

Kakankemenag Bantul Beri Mauidhoh Hasanah di Wisuda Tahfidz MAN 3 Bantul

Kakankemenag Bantul Beri Mauidhoh Hasanah di Wisuda Tahfidz MAN 3 Bantul

Juga disampaikan materi mengenai kewajiban yang harus dilakukan Orang Tua kepada anaknya. Ada 3 kewajiban, yaitu: pertama, kewajiban memberi nama yang baik. Nama yang baik adalah doa. Sedangkan doa orang tua kepada anaknya adalah doa yang mustajab, mampu menembus langit. Karena itu orang tua harus senantiasa mendoakan anak-anaknya dengan berbagai kebaikan.

”Kemudian yang kedua adalah kewajiban mengajarkan ilmu Al-Qur'an. Kewajiban ini sangat penting sehingga harus diupayakan agar anak bisa membaca Al Qur’an dengan baik dan benar. Apalagi jika sudah sampai pada tahap menghafalkan Al Qur’an (tahfidz) maka akan sangat baik,” terangnya. Kewajiban yang ketiga adalah mencarikan pasangan bagi anaknya, mencarikan pasangan dilakukan ketika anak telah cukup umur. Dan dicarikan pasangan yang baik untuk mendampingi dalam kebaikan. Buchori juga menyampaikan agar siswa selalu semangat belajar di madrasah. Karena belajar di madrasah itu istimewa. Mendapatkan ilmu dunia sekaligus belajar meraih kemuliaan di akhirat.

Kegiatan wisuda tahfidz ini merupakan ujung perjalanan siswa kelas XII MAN 3 Bantul dalam hal menghafal Al Qur’an. Sejak kelas X secara rutin dan terrencana diselenggarakan program tahfidz. Sehingga MAN 3 Bantul berhasil melahirkan hafidz/hafidzah penjaga bacaan Al Qur’an.

“Tahfidz adalah program mandatory dari Kanwil Kementerian Agama DIY. Dan MAN 3 Bantul mengusahakan dengan sungguh-sungguh kegiatan tersebut. Karena manfaatnya yang sangat besar bagi diri pribadi siswa madrasah juga bagi  bangsa dan agama,” demikian jelas Ashlihatul Latifah selaku Kepala Unit Keagamaan MAN 3 Bantul. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 439

Bagikan