Wisuda Tahfidz Sebagai Puncak Kegiatan Pembelajaran Tahfidz di MAN 3 Bantul


Wisuda Tahfidz Sebagai Puncak Kegiatan Pembelajaran Tahfidz di MAN 3 Bantul  Wisuda Tahfiz MAN 3 Bantul tahun2020
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-16 19:23:03

Bantul (MAN 3 Bantul)—Sebagai madrasah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama maka MAN 3 Bantul berusaha melaksanakan dengan sungguh-sungguh program kegiatan tahfidz. Tahfidz atau menghafal Al-Qur’an adalah suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah Saw dengan cara menghafal diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagiannya.

Dalam kegiatan tahfidz ini Tim Guru Tahfidz dibawah koordinasi Kepala Unit Keagamaan MAN 3 Bantul selama 3 tahun terus menerus  mengupayakan membimbing dan memotivasi anak agar mampu mengejar target hafalan. Target hafalan  juz 2 adalah merupakan mandatory dari Kanwil Kemenag DIY kepada seluruh Madrasah Aliyah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. MAN 3 Bantul berusaha sekuat tenaga melaksanakan program tersebut. Sehingga program ini berhasil dilaksanakan karena juga didukung sinergi antara orang tua, siswa, dan terutama adalah peran Pondok Pesantren di lingkungan MAN 3 Bantul.

Wisuda Tahfidz Sebagai Puncak Kegiatan Pembelajaran Tahfidz di MAN 3 Bantul

Wisuda Tahfidz Sebagai Puncak Kegiatan Pembelajaran Tahfidz di MAN 3 Bantul

Banyak orang beranggapan bahwa menghafal Al Qur’an bisa menjadi beban, padahal sebenarnya menghafal Al Qur’an memiliki banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah dapat meningkatkan prestasi belajar anak di sekolah. Menghafal Al Qur’an atau biasa dikenal dengan tahfidz memiliki dua hal yang harus dipenuhi, yakni hafal dalam ingatan dan bisa mengucapkannya kembali diluar kepala tanpa membaca Al Qur’an atau catatan lain.

Anak yang terbiasa dalam menghafal Al Quran, secara tidak langsung dia akan lebih bisa berdisiplin dan mengatur waktu. Anak akan belajar keseriusan dalam menjalani hidup. Menghafal Al Quran mempunyai pengaruh yang baik dalam pengembangan ketrampilan dasar siswa sehingga bisa meningkatkan prestasi akademik mereka.

Dalam kegiatan Wisuda Tahfidz yang diselenggarakan pada Kamis (13/2), MAN 3 Bantul berhasil mewisuda 98 siswa. Terdapat 3 anak yang mendapat penghargaan sebagai terbaik. Yaitu atas nama Zuni Anifah (hafal 30 juz), Masajidal (20 juz), dan Anindita Ely (10 juz).  Dalam acara ini Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY Muntolib menyambut baik kegiatan tahfidz di MAN 3 Bantul dan mendorong agar makin digiatkan. Sedangkan mauidhoh hasanah disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Bantul Buchori Muslim.

Sementara Kepala MAN 3 Bantul Nur Wahyudin Al Azis menyampaikan selamat kepada anak-anak yang berhasil diwisuda. “Sangat bangga pada kegiatan tahfidz ini. Dan semoga kedepannya akan semakin banyak siswa yang berhasil menghafal Al Qur’an sesuai target,” ujarnya. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 370

Bagikan