Mulai 2020, KUA Sleman Efektif Terapkan Daftar Nikah Online


Mulai 2020, KUA Sleman Efektif Terapkan Daftar Nikah Online Kepala KUA Sleman, R. Agung Nugraha, MA, saat menikahkan pasangan pengantin, Kamis (13/2/2020) pagi.
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-02-13 14:03:07

Sleman (Humas Kemenag DIY)—Setelah selama ini melayani pendaftaran pernikahan melalui Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) Berbasis Web, kini Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, terus lakukan inovasi. Salah satunya adalah dengan penerapan menu pendaftaran nikah secara online.

“Selama 2019, sebanyak 499 pasang pengantin mendaftar nikah melalui Simkah Web, mulai tahun ini kami terus mengoptimalkan fungsi aplikasi unggulan Bimas Islam Kementerian Agama tersebut,” ungkap Kepala KUA Kecamatan Sleman, R. Agung Nugraha, MA, saat dihubungi Kamis (13/2/2020).

Mulai 2020, KUA Sleman Efektif Terapkan Daftar Nikah Online

Ia menjelaskan pendaftaran nikah online efektif diberlakukan mulai 3 Januari 2020, bersaman dengan peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kemenag. “Hingga tanggal 13 Februari 2020, tercatat ada 141 pendaftaran pernikahan secara online. Yang antre paling lama ialah untuk pernikahan tanggal 8 Agustus 2020,” terangnya.

Menurut Agung, pendaftaran secara online ini sangat membantu masyarakat. Keuntungannya masyarakat khususnya calon pengantin tidak perlu bolak-balik ke KUA untuk pesan waktu (daftar). “Calon pengantin cukup daftar melalui aplikasi, kemudian datang ke KUA dengan membawa berkas persyaratan lengkap untuk divalidasi dan pemeriksaan nikah,” ungkap Agung. “Satu kali datang sudah cukup, selanjutnya tinggal ikut penataran dan pelaksanaan nikah sesuai yang jadwal,” imbuhnya lagi.

Hanya saja Agung menekankan pendaftaran online tidak bersifat mutlak. “Artinya, meski sistem menyatakan jadwal tersedia tetapi kalau persyaratan tidak memenuhi tentu akan ditolak. Atau kalau pesan waktu nikah pada jam ekstrim, misalnya jam 01.00-05.00, tentu harus dibicarakan ulang,” jelasnya lagi.

“Bagi yang belum akrab dengan gadget akan kami bantu,” pungkasnya sembari menambahkan Gerakan Menikah Menanam di wilayahnya masih terus berjalan hingga kini. (bap)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 3925

Bagikan