Pantau Inovasi dan Kreasi Layanan, Kemenag DIY Lakukan Penilaian KUA Teladan Tahun 2019


Pantau Inovasi dan Kreasi Layanan, Kemenag DIY Lakukan Penilaian KUA Teladan Tahun 2019
Kategori : BIDANG/PEMBIMAS
Tanggal : 2019-06-27 12:50:45

Sleman (Inmas DIY) – Kanwil Kementerian Agama DIY, melalui Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah menggelar penilaian Kepala KUA Kecamatan Berprestasi tingkat DIY. Kegiatan yang menampilkan utusan dari setiap Kabupaten/Kota ini berlangsung di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta, Kamis (27/6/2019).

Penilaian ini merupakan bagian dari evaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi KUA Kecamatan, sekaligus memberikan reward/penghargaan kepada KUA Kecamatan sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Agama yang bertanggungjawab kepada Dirjen Bimas Islam dan penghargaan kepada Kepala KUA Kecamatan yang mampu berinovasi sebagai leader di unit layanan masing-masing.

Pantau Inovasi dan Kreasi Layanan, Kemenag DIY Lakukan Penilaian KUA Teladan Tahun 2019

Penilaian yang dilakukan meliputi kualifikasi manajerial, profesionalisme dalam kepemimpinan, potensi diri, inner-quality, dan penguasaan implementasi inovasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi Kepala KUA. Hasilnya akan digunakan sebagai penentuan peringkat Kepala KUA Kecamatan Berprestasi Tahun 2019 dan akan dikirim sebagai peserta Kepala KUA Kecamatan Berprestasi Tingkat nasional ttahn 2019.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan sebagai unit pelaksana teknis pada Kementerian Agama, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Jenderal Bimas Islam dan secara operasional dibina oleh Kantor Kemenag Kabupaten Kota, perlu dilakukan pembinaan secara terus menerus untuk mempertahankan kinerja yang optimal serta meningkatkan daya inovasi kreasi dalam pelayanan, bimbingan dan pemberdayaan potensi masyarakat di wilayahnya.

Perubahan Sistem Penilaian KUA Teladan di tahun 2019, dengan menempatkan kegiatan seremonial di Tingkat Provinsi, menghapus seremonial di tingkat Daerah Kabupaten/Kota, Merumuskan bentuk Penilaian KUA Kecamatan selaku unit layanan dengan Predikat KUA Kecamatan Teladan dan penilaian terhadap personil Kepala KUA Kecamatan dengan Predikat KUA Kecamatan Teladan.

Penilaian KUA Kecamatan Teladan dengan metode visitasi di lokasi untuk melakukan verifikasi pembuktian hasil/output pelaksanaan tugas fungsi dan inovasi layanan bimbingan dan pemberayaan potensi umat yang telah dilakukan oleh masing-masing KUA Kecamatan. Proses ini telah dilaksakanan pada bulan Mei 2019 bertepatan pada bulan Ramadhan 1440 H, sebagai langkah baru untuk mengetahui existing originality/kondisi apa adanya saat hari kerja layanan di KUA Kecamatan.

Penilaian kualifikasi manajerial, profesionalisme dalam kepemimpinan, potensi diri, inner-quality, dan penguasaan implementasi inovasi dalam memimpin/memanaj pelaksanaan tugas dan fungsi KUA Kecamatan oleh Kepala KUA Kecamatan. Penilaian ini dilakukan dengan sistem terbuka merupakan tahap akhir penentuan Kepala KUA Kecamatan Berprestasi. Bagian ini pada hari ini merupakan satu keatuan tahapan penilaian KUA Kecamatan teladan yang tidak terpisahkan dengan visitasi lapangan. [eko]

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 347

Bagikan