Guru MAN 2 Yogyakarta Ikuti Kegiatan Review Kurikulum dan Diklat Teknis Pendidikan


Guru MAN 2 Yogyakarta Ikuti Kegiatan Review Kurikulum dan Diklat Teknis Pendidikan Acara pembukaan Review Kurikulum dan Silabus Diklat Teknis Pendidikan II, Ahad (9/2/2020)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-11 16:10:43

Semarang (MAN2Yogyakarta)—Bertujuan untuk mengkaji ulang sekaligus menyelesaikan penyesuaian kurikulum pelatihan dengan kebutuhan pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Agama, maka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI mengadakan kegiatan Review Kurikulum dan Silabus Diklat Teknis Pendidikan II pada Ahad-Rabu (9-12/2/2020).

Bertempat di Hotel Grand Arkenso Semarang, sejumlah 18 Widyaiswara yang berasal dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya melakukan review Kurikulum dan Silabus Diklat Teknis Pendidikan II bersama 5 guru yang berasal dari Kanwil Kemenag Jakarta, Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Guru MAN 2 Yogyakarta Ikuti Kegiatan Review Kurikulum dan Diklat Teknis Pendidikan

Guru MAN 2 Yogyakarta Ikuti Kegiatan Review Kurikulum dan Diklat Teknis Pendidikan

Kegiatan dibuka langsung oleh Kapusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Dr. H. Mahsusi,M.M. Dalam sambutan sekaligus pengarahannya Mahsusi menyampaikan bahwa Pusdiklat Kementerian Agama dalam menjalankan peranan dan fungsinya juga melakukan perubahan-perubahan terkait dengan tingkat kebutuhan pengembangan SDM Kementerian Agama.

”Jika lembaga lain telah menetapkan regulasi baru terkait pelaksanaan pelatihan, maka Kementerian Agama juga harus melakukan perubahan-perubahan yang akan kita lakukan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan pengembangan SDM yang sudah berubah terutama dalam metode pelaksanaanya dari tatap muka menuju transformasi ke E-Learning. Maka Pelatihan kali ini diharapkan sebagai sarana dalam mendesain pola-pola pelatihan yang baru,” jelas Mahsusi.

Sementara itu salah satu Widyaiswara Pusdiklat Dra. Cut Ummu Athiyah, M. Pd menjelaskan, “Keterlibatan guru Bahasa Jepang dan Bahasa Jerman sangat membantu dalam kegiatan Review kali ini, karena memang selama ini pelatihan di Pusdiklat belum mengakomodir guru-guru bahasa. Semoga setelah ini akan ada tindak lanjut yang lebih konkrit untuk memfasilitasi pelatihan-pelatihan bagi guru-guru Bahasa Asing,” tandasnya.

Sebagai perwakilan dari Bahasa Jepang, guru MAN 2 Yogyakarta Diah Wijiastuti menyampaikan rasa syukurnya telah berkesempatan mengikuti kegiatan ini.” Sebuah amanah besar yang menumbuhkan semangat belajar bagi saya untuk melakukan yang terbaik bagi lembaga Kementerian Agama. Dan tentu saja bimbingan dan arahan dari WI sekaligus diskusi dengan teman sejawat sangat membantu saya dalam kegiatan kali ini. Semoga perkembangan pembelajaran bahasa asing dapat menjadi salah satu program unggulan bagi madrasah dengan menghasilkan lulusan yang berkompeten,” ujar Diah.(diw)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 158

Bagikan