Muqoddaman Salah Satu Upaya MAN 3 Bantul dalam Menjaga Al Qur’an


Muqoddaman  Salah Satu Upaya MAN 3 Bantul dalam Menjaga Al Qur’an Muqoddaman di MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-04 15:07:03

Bantul (MAN 3 Bantul)-  MAN 3 Bantul melaksanakan kegiatan Muqoddaman pada Senin  (1/2). Al Qur’an sebagai kitab suci umat Islam haruslah selalu dirawat dan dijaga terus menerus. Sehingga menjadi kewajiban bagi madrasah sebagai sekolah yang berciri khas Islam untuk selalu menjaga Al Qur’an. Dengan menjaga terus bacaan maupun pemahaman Al Qur’an maka siswa siswi madrasah akan bisa mendapatkan barokah dan manfaat yang luarbiasa.  Upaya menjaga Al Qur’an bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan di madrasah. Antara lain yaitu tadarrus, tahfidz, dan juga muqoddaman.   

Muqoddaman sendiri adalah prosesi pembacaan Alquran secara bersama-sama dalam satu waktu dari mulai juz 1 sampai juz 30. Dalam kitab shahihnya Imam Bukhari meriwayatkan: “Orang yang ahli dalam membaca Al-Quran akan bersama dengan para malaikat pencatat yang mulia lagi taat. Sedangkan orang yang terbata-bata ketika membaca Al-Quran dan dia bersusah payah mempelajarinya, maka baginya dua pahala.” . Hal ini jika diibaratkan dunia bisnis, maka ini adalah bisnis yang tidak ada ruginya.

Muqoddaman  Salah Satu Upaya MAN 3 Bantul dalam Menjaga Al Qur’an

Orang yang mahir dalam membaca Al-Quran, disandingkan Allah SWT dengan para malaikat, dan orang yang terbata-bata dalam membacanya tetap Allah SWT hadiahi ganjaran dengan dua pahala, dan pahala ini dihitung per huruf, bisa dibayangkan keuntungan yang didapat oleh orang yang mau mempelajari Al-Quran. Karena itu maka kegiatan membaca Al Qur'an harus selalu  dilakukan baik mandiri maupun bersama-sama. 

Kegiatan menjaga Al Qur’an, baik dengan cara membaca maupun menghafal sangat bermanfaat bagi seluruh siswa madrasah. Dalam kegiatan muqoddaman yang dilakukan sebulan sekali ini, yang ikut membaca bukan hanya siswa tapi juga seluruh guru dan karyawan di MAN 3 Bantul. “Muqoddaman dilaksanakan sebagai salah satu kegiatan di MAN 3 Bantul sebagai kerjasama dari Unit Keagamaan, Bidang Kesiswaan, dan Bidang Kurikulum“, demikian jelas Ashlihatul Latifah sebagai Kepala Unit Keagamaan MAN 3 Bantul. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 396

Bagikan