Gandeng Dinas Pertanian, MTs Muhammadiyah Sodo Manfaatkan Lahan untuk Tanam Buah


Gandeng Dinas Pertanian, MTs Muhammadiyah Sodo Manfaatkan Lahan untuk Tanam Buah MTs Muhammadiyah Sodo Adakan Penghijauan Kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunungkidul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-04 11:21:26

Gunungkidul (MTsM Sodo) - Bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunungkidul MTs Muhammadiyah Sodo Paliyan Manfaatkan Lahan Sempit dengan Tanam Buah, Senin (3/2). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membangun karakter anak peduli terhadap lingkungan dan penerapan pola hidup sehat.

MTs Muhammadiyah Sodo melaksanakan program penghijauan dengan tema “Teras Buah dan Sayur MTs Muhammadiyah Sodo”. Kegiatan penghijauan ini melibatkan seluruh komponen madrasah yaitu siswa guru karyawan dan lingkungan sekitar madrasah bahkan berhasil menggandeng Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Gunungkidul, bukan tanpa kendala terutama pendanaan dan minimnya lahan, MTs Muh Sodo tetap bertekad kuat melaksanakan program tersebut.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gunungkidul mendukung kegiatan penghijauan dengan memberikan stimulan berupa bibit jambu madudeli, jambu dalhari, jambu kristal, mangga madu dan alpukat sejumlah 25 bibit. Selaku Penyuluh Lapangan Kecamatan Paliyan secara simbolis melakukan penanaman bibit di MTs Muhammadiyah Sodo.

Budi Sihanan, S.P selaku Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Paliyan, menyampaikan amanah pada apel pagi dalam rangka program penghijauan, beliau menyambut baik program yang telah dilakukan madrasah dan berharap dengan kegiatan ini siswa dapat menjadi pioner petani milenial, peran petani milenial di bidang pertanian sangat penting sebab memiliki jiwa yang adaptif dalam pemahan teknologi digital, sosialisasi seperti ini layak dilakukan sejak dini karena estafet petani selanjutnya adalah pada pundak generasi muda. Untuk mengawali terlaksananya program penghijauan siswa - siswa diajarkan penanaman buah dan sayur serta toga dengan media tanam tanah, sekam dan pupuk. Untuk selanjutnya di ajarkan cara perawatan dan pemanenan tanaman.

Harapannya tujuan penghijauan untuk membangun karakter siswa peduli lingkungan hidup dapat terwujud sekaligus berdampak luas bagi madrasah maupun lingkungan sekitar madrasah. Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan dengan prinsip “lestari” artinya kegiatan penanaman sayur buah toga dan tanaman lainnya dilaksanakan secara berkelanjutan tidak terbatas oleh adanya musim. Kegiatan ini merupakan aset masa depan yang saat ini hasilnya belum dapat dirasakan secara langsung. [ant]

 

 

Kontributor : Eko Triyanto
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 654

Bagikan