Harlah 52: MTsN 2 Bantul Gelar Semaan Al Qur'an 30 Juz


Harlah 52: MTsN 2 Bantul Gelar Semaan Al Qur'an 30 Juz Semaan Al Qur'an hafidz juz 1 oleh calon wisudawan MTsN 2 Bantul. (Dok: Nur)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-02-04 10:06:36

Bantul (MTsN 2 Bantul)—Hari Amal Bhakti (HAB) atau hari lahir (harlah) MTsN 2 Bantul identik dengan kegiatan berbasis Al Qur'an dan sosialisasi program unggulan madrasah. Harlah ke 52 tahun MTsN 2 Bantul pada tahun ini dimulai dengan rangkaian kegiatan Semaan Al Qur'an 30 Juz yang diselenggarakan pada Jumat (31/1/2020).

Dalam kegiatan Semaan Al Qur'an tersebut madrasah menargetkan katham juz 30, yang terbagi dalam 30 kelompok utama. Masing-masing kelompok mendapatkan tugas semaan satu juz. MTsN 2 Bantul memiliki 15 kelas, sehingga setiap kelas harus dibagi menjadi 2 kelompok utama. 

Harlah 52: MTsN 2 Bantul Gelar Semaan Al Qur'an 30 Juz

Kegiatan diawali dengan sholat Dhuha berjamaah, lantunan Asmaul Husna, kemudian dilanjutkan dengan Semaan Al Qur'an juz 1 oleh para calon wisudawan tahfidz MTsN 2 Bantul yang disimak oleh seluruh siswa. Setelah itu para siswa menuju kelas masing-masing dengan didampingi 2 orang guru melakukan Semaan Al Qur'an sesuai jatah kelas masing-masing, hingga batas waktu yang ditentukan. Setelah selesai, para siswa kembali berkumpul di panggung utama untuk menyimak hafalan Al Qur'an juz 30 dari para calon wisudawan tahfidz MTsN 2 Bantul. Kemudian acara dilanjutkan dengan lantunan sholawat berjanji dan ditutup dengan doa khotmil Qur'an.

"Kegiatan ini dimaksudkan agar dapat lebih mendekatkan siswa pada Al Qur'an. Selain itu, kita juga mengajarkan kepada siswa bahwa hari ulang tahun sebaiknya dirayakan dengan kegiatan yang lebih bermanfaat sekaligus meningkatkan kualitas keimanan siswa," ungkap Kepala Madrasah, Musa Surahman.

Kegiatan Semaan Al Qur'an ini sekaligus untuk menguji kemampuan hafalan juz 1 dan juz 30 para siswa calon wisudawan MTsN 2 Bantul sebelum esok harinya diwisuda dihadapan 1250 orang undangan. Harapannya, para siswa sudah tidak grogi dan lebih percaya diri saat tampil melafalkan hafalannya. 

Wali siswa yang tergabung dapat Paguyuban Orang Tua (POT) siswa mengaku bangga dan terharu melihat berbagai video yang dikirimkan sekolah. Mereka bersyukur dan merasa telah memilih madrasah yang tepat untuk mempercayakan pendidikan putra putri mereka. (yis)

Kontributor : MTSN2BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 423

Bagikan