Rakor Pendidikan Pranikah, Kakanwil Urai Implementasi Perda Ketahanan Keluarga


Rakor Pendidikan Pranikah, Kakanwil Urai Implementasi Perda Ketahanan Keluarga Kakanwil Edhi Gunawan saat tampil sebagai narasumber.
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2019-06-23 20:26:41

Yogyakarta (Inmas DIY)--Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI menghelat Rapat Koordinasi Pembangunan Sumber Daya Manusia Melalui Penguatan Pendidikan Pranikah. Kegiatan diselenggarakan di Hotel Pesona Malioboro, Jumat (21/6).

Hadir sebagai narasumber kegiatan ini Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. H. R. Agus Sartono, Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kemenag RI Dr. H. Mohsen dan Kakanwil Kemenag DIY Drs H. Edhi Gunawan M.Pd.I serta bertindak sebagai moderator Nadhif MSi Kabid Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah.

Menurut Kakanwil Edhi Gunawan, terkait pendidikan pranikah, DIY memiliki kelebihan antara lain telah ditetapkannya Perda Ketahanan Keluarga Nomor 7 tahun 2018. "Kegiatan yang telah dilaksanakan meliputi Gerakan Desa Binaan Keluarga Sakinah (DBKS), masih dalam proses pelaksanaan bimbingan perkawinan bagi 5.000 pasang calon manten tahun 2019 dan kegiatan paguyuban Keluarga Sakinah Teladan DIY," urai Kakanwil. 

Diakui Kakanwil, pembinaan ketahanan keluarga masih memprihatinkan yang berimplikasi pada angka perceraian yang cukup tinggi. "Hal ini disebabkan ketidaksiapan pasangan calon manten dalam memasuki mahligai rumah tangga," jelas Kakanwil.

"Maka bimbingan perkawinan yang dilaksanakan bagi calon manten dan remaja usia nikah mutlak diperlukan secara efektif dan terprogram dengan baik," pungkasnya. 

Sedangkan menurut Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Dr. H. Mohsen, perlu penanganan secara masif pembekalan kepada calon manten dengan memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanan bimbingan perkawinan, meningkatkan pembiayaannya dan menjadikan KUA sebagai Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah). 

Kegiatan ini dihadiri oleh Kasi Bimbingan Masyarakst Islam se-DIY dan perwakilan utusan Kepala KUA serta penghulu. (gho/bap)  

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 268

Bagikan