15 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Laksanakan PPPG di MTs Negeri 6 Bantul


15 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Laksanakan PPPG  di MTs Negeri 6 Bantul Guru Pamong dan Mahasiswa PPPG Mendengarkan Arahan dari Kepala Madrasah
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-22 19:28:48

Bantul (MTs Negeri 6 Bantul) - Senin (20/1/2020) MTs Negeri 6 Bantul menerima penerjunan 15 mahasiswa asal UIN Sunan Kalijaga untuk pelaksanakan program pengenalan profesi guru. Kelima belas mahasiswa berasal dari jurusan Matematika. Selama 12 hari lamanya (20-31/1/2020) para mahasiswa melakukan observasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru dan menyusun perangkat pembelajaran. Dalam praktiknya, para mahasiswa didampingi oleh guru matematika sebagai guru pamong atau pembimbing.

Praktik pengenalan profesi oleh mahasiswa selain berbentuk observasi ada juga yang sifatnya tatap muka sebanyak 1 kail dengan para siswa. Tatap muka ini hanya dilakukan oleh mahasiswa angkatan 2017, sementara mahasiswa angkatan 2018 dan 2019 cukup menyusun perangkat pembelajaran saja tanpa tatap muka. Penyusunan perangkat pembelajaran juga dilengkapi dengan penyusunan soal-soal ujian. Penerjunan mahasiswa PPPG dilakukan langsung oleh dosen pembimbing lapangan, Raekha Azka. Raekha menitipkan 15 mahasiswa untuk dibimbing menjadi calon guru di MTs Negeri 6 Bantul.

Dalam sambutannya, Mafrudah Kepala MTs Negeri 6 Bantul menerima dengan baik dan mengimbau para mahasiswa untuk mengikuti semua tata tertib di madrasah dan memohon agar kehadiran para mahasiswa juga dalat membantu memotivasi para siswa kelas IX untuk sukses ujian nasional. “Mahasiswa kami harapkan dapat hadir di madrasah pukul 06.00 WIB untuk membantu para guru melaksanakan program pemberian pembelajaran tambahan jam ke nol kepada para siswa,” ujarnya.

Sementara itu, Siti Kiswatun selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum menyambut kedatangan mahasiswa dan menyampaikan beberapa tata tertib saat berada di madrasah. Kehadiran mahasiswa di madrasah juga diharapkan dapat melakukan kegiatan pembiasaan seperti salat duha, salat duhur, tadarus Al-Qur’an, piket, dan salaman dengan siswa di pagi hari. Dengan bertempat di Laboratorium IPA MTs Negeri 6 Bantul, para mahasiswa juga ditemui langsung oleh empat guru Matematika yang terdiri atas Edhy Supranjono, Sri Surmiyati, Budiyati, dan Sri Tukijah. (rin)

Kontributor : MTSN6BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 446

Bagikan