Musyawarah Pembina Pramuka MAN 3 Bantul Perkokoh Karakter Bangsa


Musyawarah Pembina Pramuka MAN 3 Bantul Perkokoh Karakter Bangsa Musyawarah Pembina Pramuka MAN 3 Bantul
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-21 09:37:20

Bantul (MAN 3 Bantul)- Menyadari pentingnya pembangunan sikap, mental dan moral generasi muda dalam menghadapi globalisasi, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, serta pesatnya perkembangan media baru. Maka MAN 3 Bantul melaksanakan kegiatan musyawarah Pembina Pramuka untuk mempersiapkan Pelantikan Penegak Bantara.

Di Indonesia sendiri telah dilaksanakan revitalitasi Gerakan Pramuka yang diarahkan untuk memantapkan komitmen generasi muda terhadap empat konsensus dasar Bangsa Indonesia yaitu, Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Gerakan Pramuka sebagai pendidikan informal memiliki peluang besar dalam mengatasi permasalahan generasi muda Indonesia. Misalnya, kekerasan seksual, penggunaan obat-obat terlarang, tawuran, kriminalitas remaja, dan sebagainya. Pramuka mengajarkan nilai-nilai kemandirian, kepemimpinan, kebersamaan, sosial, kecintaan terhadap alam. Ini yang dapat menjadi tameng agar mereka tidak mudah terpengaruh perilaku buruk.

Terbitnya Undang-Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang memperkuat legalitas Pramuka di negeri ini. Dengan telah terbitnya Undang-Undang tersebut maka pelaksanaan pendidikan kepramukaan pada saat ini tidak lagi hanya sekedar mengisi masa senggang kaum muda dengan pelbagai kegiatan yang positif, akan tetapi telah meningkat menjadi kewajiban setiap warga negara untuk mengimplementasikannya. Maka Pramuka menjadi sebuah kegiatan ekstra yang sekaligus kewajiban yang menyenangkan untuk dilaksanakan. Dalam musyawarah Pembina tersebut pada Jum’at (17/1) dipersiapkan  perencanaan dan tujuan kegiatan pelantikan Penegak Bantara agar semakin memantapkan karakter siswa dalam kegiatan Pramuka sebagai penerus generasi bangsa .

Salah satu Pembina Pramuka di MAN 3 Bantul Ashlihatul Latifah mengatakan “Untuk naik ke Penegak Bantara siswa diminta menyelesaikan tugas berupa pengetahuan dan ketrampilan yang wajib dikuasai dalam SKU (Syarat Kecakapan Umum). Sehingga mereka yang dilantik menjadi Penegak Bantara adalah mereka yang dianggap cakap pengetahuan dan bertindak sesuai yang dipersyaratkan. Sekaligus juga sebagai kegiatan penguatan karakter bagi mereka”. (nrs)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 590

Bagikan