Siswa MAN 5 Sleman Adakan Outbond di Desa Wisata Garongan


Siswa MAN 5 Sleman Adakan Outbond di Desa Wisata Garongan Outbond siswa kelas XII MAN 5 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-21 08:24:16

Sleman (MAN 5 Sleman) – Menjelang Ujian Nasional (UN), siswa kelas XII MAN 5 Sleman mengikuti kegiatan outbound. Sebanyak 204 siswa dan 11 Guru Pendamping tampak ceria dan bersemangat mengikuti serangkaian kegiatan outbound di Desa Wisata Garongan. Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu (18/1/2020) dengan mengusung tema “Siap dan Sukses Hadapi UNBK 2020”. Kegiatan ini bertujuan agar siswa tidak terlalu tegang dalam menghadapi UN nanti . Dalam kegiatan Outbound ini, siswa juga di beri pemahaman dan motivasi bahwa tidak ada sesuatu yang mudah, namun juga tidak ada yang tidak mungkin jika dilakukan secara sungguh-sungguh.

Pemilihan lokasi didasari karena belum pernah menyelenggarakan outbound di kawasan Desa Wisata tersebut.  Di samping itu, Desa Wisata Garongan berada di lereng Gunung Merapi atau sekitar 14,5 meter dari puncak Gunung Merapi, tepatnya di Desa Garongan, Wonokerto Turi, Sleman. Menurut sejarah Desa Wisata Garongan sebelum menjadi desa wisata, tempat tersebut merupakan sebuah  tempat makan. Sekitar 2014 baru menjadi desa wisata dengan memberdayakan masyarakat sekitar. Suasana alam yang segar menjadi tempat yang tepat untuk bersantai mendengar gemericik air, menikmati suasana alam dan segarnya udara sekitar.

Siswa MAN 5 Sleman Adakan Outbond di Desa Wisata Garongan

Siswa MAN 5 Sleman Adakan Outbond di Desa Wisata Garongan

Siswa MAN 5 Sleman Adakan Outbond di Desa Wisata Garongan

Siswa MAN 5 Sleman Adakan Outbond di Desa Wisata Garongan

Kegiatan dimulai dengan memotivasi para siswa dengan pemutaran film berjudul “Sukses Tidak Datang Pada Orang yang Malas." Film ini menceritakan betapa pentingnya pendidikan dan belajar serta kesuksesan harus diperjuangkan karena sukses adalah hasil seberapa besar seseorang mau berusaha.

Setelah pemutaran film selesai dilanjutkan dengan dengan ice breaking di depan lapangan depan pendopo dengan berbagai macam permainan dan yel-yel agar lebih bersemangat untuk meraih sukses UN. Setelah itu dilanjutkan dengan berbagai macam permainan wahana, seperti capil, Time Bomb, Blind Ball, Transfer Karet, Boom Balon, Titian Ban, Titian Tali, Jaring Laba-Laba, Halang Rintang dan permainan sejenisnya yang cukup menantang dan mampu membuat para siswa kembali fresh dan ceria.

Salah satu Pemandu Outbond, Dwi Nur Wibowo menyampaikan berbagai macam game ini bertujuan untuk memotivasi siswa, melatih konsentrasi dan empati bagi para siswa untuk dapat sukses UN. “Outbound di alam terbuka bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat, membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup siswa menuju sebuah pendewasaan diri agar sukses UN,” ujar Bowo sapaan akrabnya.

Hj. Musfiroh, S.Pd, M.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum menuturkan pelaksanaan outbound bertujuan untuk memberikan penyegaran atau refreshing bagi siswa setelah menjalani berbagai macam try out dan ujian yang cukup menguras tenaga dan fikiran siswa. “Melalui outbound ini diharapkan segala kepenatan dan kejenuhan siswa bisa hilang dan kembali bersemangat untuk belajar lebih giat agar mampu menorehkan prestasi dalam UN,” tegas Musfiroh.

Terpisah Drs. Aris Fu’ad menjelaskan di dalam outbound terdapat beberapa permainan rintangan yang membutuhkan konsentrasi dan kerja keras. Di samping itu juga melatih mental agar berani menghadapi segala rintangan yang di hadapi. Hal ini penting dilakukan, agar siswa lebih siap menghadapi UN nanti.

“Kebanyakan siswa merasa terbebani ketika menjelang UN. Rata-rata mereka masih menganggap Ujian Nasional sebagai “Momok” yang menakutkan. Padahal, seharusnya tidak demikian jika siswa mengikuti proses pembelajaran secara sungguh-sungguh dari awal. Jadi Outbound ini juga sekaligus menjadi ajang motivasi dan refreshing bagi para siswa," tutur  Aris Fu’ad. 

Erlita Herawati (XI IPS1), salah seorang siswa peserta outbond mengatakan sangat senang dengan adanya ini, karena bisa memacu semangat sekaligus untuk refreshing. “Kami sangat senang ada kegiatan Outbound seperti ini, disamping bisa memacu semangat belajar dan optimis dalam menghadapi segala rintangan, juga sebagai sarana refreshing,” ujar Erlita sambal tersenyum. (tmr/tnf)

Kontributor : MAN5SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 455

Bagikan