MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Optimalisasi Penggunaan Internet


MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Optimalisasi Penggunaan Internet
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-20 18:27:59

Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta) - Teknologi bertujuan membantu mempermudah pekerjaan manusia. Pesatnya perkembangan teknologi harus diimbangi sikap bijaksana. Selayaknya kita dapat memberdayakan teknologi dan bukan diperdaya teknologi. Terlebih para pelajar, khususnya pemanfaatan teknologi informasi, terutama hand phone. 

Di zaman glabalisasi, informasi dari belahan dunia manapun dan tentang apapun sangat cepat dan mudah diakses. Informasi yang memberi efek positif ataupun negatif. Inovasi terbarukan terus diproduksi. Keuntungan penjualan lap top, hand phone, komputer, sangat menjanjikan. Indonesia menjadi sasaran pangsa pasar empuk. Para kawula muda, orang tua, bahkan anak yang masih balita dipegangi hp agar tidak rewel, dan pelajar memperlihatkan perilaku konsumtif, membeli hand phone setiap kali ada mode baru.

MAN 2 Yogyakarta Bekali Siswa Optimalisasi Penggunaan Internet

Pelajar perlu dibekali pemahaman yang baik agar memiliki perilaku benar dalam memanfaatkan hand phone. Memberdayakan hp untuk eksplorasi pengetahuan, informasi dari berbagai bidang, meningkatkan kemampuan literasinya, mengadopsi kecanggihan teknologi negara-negara maju, memperluas wawasan, dan masih banyak hal hal positif yang diperoleh jika digunakan dengan benar.

Senin (20/01/2020) MAN 2 Yogyakarta bekerjasama dengan Telkomsel mengadakan kegiatan pembekalan tentang penggunaan internet yang baik dan benar. Kegiatan dilaksanakan pada jadwal Pra Pembelajaran pukul 06.45 WIB, kelas XIPS1, XIPS2, XIPS3 di aula, oleh Didi Daryanto.

Didi Daryanto menyampaikan ciri ciri pengguna internet berkarakter baik:

  1. Bertanggung jawab dalam memanfaatkan internet sesuai dengan norma, etika, hukum yang berlaku dan tetap mampu menjaga fitrah manusiasebagai makhluk sosial.
  2. Aman dari segala potensi kejahatan dan dampak buruk internet.
  3. Inspiratif, mendorong dan menyebarluaskan pemanfaatan internet untuk hal hal positif dalam rangka meningkatkan kualitas hidup.
  4. Kreatif, menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah dan pengembangan daya cipta kreasi.

Lebih lanjut Didi Daryanto menekankan tentang dampak buruk bermain game berlebihan anatara lain menurunnya prestasi, lupa waktu, bersikap kasar, menghalalkan segala cara, berbohong dan mencuri. Dampak pada fisik antara lain, susah tidur, bungkuk, melihat orang menjadi dua, zombie jarang makan, sering kejang tangan.

Pornografi sangat berbahaya karena membawa dampak mendorong melampiaskan nafsu kepada obyek apapun tanpa didahului proses berpikir.

Betapa pentingnya pembekalan pemahaman para pelajar menggunakan internet dan memanfaatkannya dengan baik dan benar. (ida)

 

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 349

Bagikan