MAN 3 Sleman Selenggarakan Konsultasi dan Coaching Penjurusan Kuliah


MAN 3 Sleman Selenggarakan Konsultasi dan  Coaching Penjurusan Kuliah
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-20 14:09:16

Sleman (MAN 3 Sleman) – Sinergi siswa, orangtua, guru dan madrasah dalam menentukan kesuksesan siswa sangat diperlukan. Sukses dalam arti tidak hanya dapat meraih nilai bagus, namun lebih kepada serapan lulusan nantinya dapat berada di jurusan perkuliahan yang tepat sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimilikinya. Dalam upaya tersebut, MAN 3 Sleman terus berupaya memberikan pelayanan prima bagi siswa-siswinya. Salah satunya dengan konsultasi dan coaching penjurusan kuliah pada Sabtu (18/01/2020).

Kegiatan tersebut diikuti oleh orangtua siswa kelas XII IPA, IPS dan Keagamaan, yang diadakan di Ruang AVA MAN 3 Sleman tersebut menghadirkan personal mapping dan coaching dari RMA Institute, Rokhim. MA. Tujuan dari kegiatan ini yaitu menggali potensi dan konsultasi penjurusan kuliah oleh orangtua siswa untuk putra-putrinya, sehingga diharapkan lulusan MAN 3 Sleman bisa tepat dalam memilih jurusan kuliah.

Dalam materinya, Coach Rokhim, demikian sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa jurusan perkuliahan yang akan diambil oleh siswa diusahakan sesuai dengan minat dan bakatnya selama di sekolah, lalu disesuaikan pula dengan pola belajar yang dimiliki oleh siswa. “Jangan sampai anak-anak kita masuk dijurusan yang tidak tepat dengan karakteristik pola belajar anak. Mungkin anak bisa masuk masuk jurusan tersebut tetapi untuk hasil saya yakin akan kurang maksimal,” tegas Rokhim.

Kepala MAN 3 Sleman Akhmad Mustaqiem, S.Ag.,MA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa orangtua jangan membebankan target yang terlalu berat kepada anaknya, karena proses ada di sekolah, maka moment ini dijadikan ajang komunikasi antara orangtua dan sekolah untuk masa depan anak. “Pemilihan jurusan kuliah sama seperti menentukan masa depan, jangan membebankan target orang tua kepada anak, proses belajar ada di sekolah, siswa pasti sudah punya pilihan-pilihan sesuai minat bakatnya masing-masing, maka dari itu mari jadikan moment silaturahmi ini sebagai ajang komunikasi tentang masa depan putra-putri bapak dan ibu semuanya,” terang Mustaqim. (Ang/tnf)

Kontributor : MAN3SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 229

Bagikan