Rakor Komite, MTsN 9 Sleman Sosialisasikan Aplikasi SIMPLE


Rakor Komite, MTsN 9 Sleman Sosialisasikan Aplikasi SIMPLE MTsN 9 Sleman menyosialisasikan aplikasi SIMPLE pada komite, guru, dan karyawan
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-20 08:28:34

Sleman (MTsN 9 Sleman) – Dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 044/U/2002 tanggal 2 April 2002 dijelaskan bahwa komite madrasah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan. Komite madrasah merupakan forum pengambilan keputusan bersama antara madrasah dan masyarakat dalam perencanaan, implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja yang dilakukan oleh madrasah. Seperti madrasah yang lainnya, Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 9 Sleman juga memiliki komite madrasah.

Sabtu siang (18/1/2020), komite MTsN 9 Sleman melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan pihak madrasah untuk evauasi program yang telah terlaksana dan belum dilaksanakan. Dalam kesempatan itu, hadir ketua komite madrasah Tribowo beserta dua anggotanya yaitu Rochim MA dan Prasetya Wibawa. Selain itu, kepala madrasah Abdul Hadi beserta seluruh guru dan karyawan melengkapi pertemuan tersebut.

Rakor Komite, MTsN 9 Sleman Sosialisasikan Aplikasi SIMPLE

Sebelum acara rakor dimulai, pihak madrasah secara khusus mengundang pihak pengembang aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pelajaran Elektronik (SIMPLE). SIMPLE adalah sistem pengelolaan sekolah terintegerasi dengan latihan ujian berbasis komputer dan informasi manajemen pelajaran siswa melalui aplikasi android untuk siswa dan orang tua wali. Meskipun waktunya terbatas, Avan dan Iwan dapat mempresentasikan sistem aplikasi mereka dan mendapatkan sambutan yang baik dari pohak komite agar MTsN 9 Sleman segera upgrade di erak teknologi ini.

“Aplikasi SIMPLE ini sangat bagus dalam managemen sekolah. Perlu secepatnya kita melaksanakan paperless,” imbau Tribowo dalam sambutannya dan mendukung beralihnya penggungan kertas ke dalam sistem digital. Abdul Hadi menambahkan, “Aplikasi SIMPLE ini sudah digunakan oleh banyak madrasah dan sangat memudahkan. Sebenarnya ini tadi saat koordiasi dengan waka (wakil kepala), menghubungi Mas Iwan ini dadakan. Untung saja sedang senggang dan dapat ikut bergabung dengan kita di sini. Memang kita sudah ketinggalan dan harus segera mengejar ketertinggalan tentang IT (Information technology)”

Dipimpin oleh Rochim sebagai pembawa acara, kegiatan dibuka dengan berdoa lalu dilanjutan dengan sambutan oleh ketua komite dan kepala madrasah. Acara inti adalah diskusi yang diikuti secara antusisas oleh guru dan karyawan. Pihak komite memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada madrasah untuk mengusulkan program dalam rangka meningkatkan mutu madrasah. Banyak guru yang mengajukan usul baik sarana dan prasarana maupun kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran di kelas. Sebelum penutupan, kegiatan yang berlangsung di Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) itu diakhiri dengan permintaan komite adalah menyusun skala prioritas program madrasah. (Daw/tnf)

Kontributor : MTSN9SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 287

Bagikan