Dua Bulan Raih 4 Trofi Lomba Matematika, MAN 3 Bantul Kian Berjaya


Dua Bulan Raih 4 Trofi Lomba Matematika, MAN 3 Bantul Kian Berjaya Wakil MAN 3 Bantul mendapatkan Trofi juara Kompetisi Matematika UCY
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-20 00:30:13

Bantul (MAN 3 Bantul)-  Pagi itu di Auditorium Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) ramai didatangi siswa-siswa tingkat SMA/MA. Kedatangan mereka ke UCY bukan tanpa tujuan. Mereka datang untuk mengikuti Kompetisi Matematika Cokroaminoto Yogyakarta (Komacy). Total ada 33 peserta yang mengikuti Komacy pada Sabtu (18/01/2020).

Komacy 2020 merupakan kompetisi matematika pertama yang diadakan di UCY. Dalam sambutannya, Ketua Panitia sekaligus Ketua Prodi (Kaprodi) Pendidikan Matematika UCY,  Yenny Anggraeni, M.Sc, menjelaskan bahwa tujuan diadakannya Komacy adalah membuat siswa senang dengan matematika. Yenny ingin para siswa mengetahui bahwa matematika itu sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dua Bulan Raih 4 Trofi Lomba Matematika, MAN 3 Bantul Kian Berjaya

Tema Komacy 2020 adalah “Menggali Potensi Siswa Guna Mewujudkan Generasi Cinta Matematika.” Pembukaan Komacy dilaksanakan oleh Wakil Rektor UCY, Paryanto, S.Ag., MIP. Dalam sambutannya,  Paryanto mengungkapkan bahwa perlu ada pelurusan niat sebelum mengikut perlombaan. Paryanto menekankan kepada para siswa agar memiliki prinsip fastabiqul khoirot (berlomba-lomba dalam kebaikan). “Tidak perlu takut kalah atau gagal, yang penting berusaha untuk memberikan kemampuan yang terbaik,” kata Paryanto.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul merupakan salah satu sekolah yang mengikuti Komacy. MAN 3 Bantul mengirimkan 4 siswanya pada ajang Komacy. Setelah melalui babak penyisihan, 1 siswa MAN 3 Bantul atas nama Qudsiya Wahyu Jati lolos ke final. Babak final diikuti oleh 5 peserta dengan perolehan nilai terbaik. Pada babak final, peserta tidak hanya dituntut untuk bisa menjawab soal. Namun, peserta diminta untuk mempresentasikan jawaban beserta cara memperoleh jawaban tersebut di hadapan para juri. Dewan juri pada ajang Komacy semuanya merupakan dosen Prodi Pendidikan Matematika UCY.

Ketenangan Qudsiya dalam menjawab dan presentasi di hadapan para juri menghantarkannya meraih juara 2. Qudsiya meraih poin 375, hanya kalah 10 poin dari juara 1 yang mendapatkan 385. Keberhasilan Qudsiya meraih juara ini tentu membawa kebanggaan untuk madrasah. Rachmat Okta sebagai guru pembimbing sangat bersyukur dan bangga dengan kesuksesan Qudsiya meraih juara. Apalagi saat ini Qudsiya masih duduk di kelas X. Rachmat Okta mengatakan, “Keberhasilan Qudsiya ini tidak lepas dari ketekunannya belajar serta mengikuti bimbingan olimpiade matematika. Qudsiya merupakan harapan besar untuk MAN 3 Bantul dalam kompetisi matematika selanjutnya.”

Mengetahui siswanya meraih juara, Sumarna selaku Wakil Kepala MAN 3 Bantul merasa sangat senang. “Terima kasih dan selamat kepada tim matematika atas prestasinya,” kata Sumarna. Kesuksesan meraih trofi ini semakin menunjukkan kejayaan MAN 3 Bantul dalam kompetisi matematika. Satu bulan sebelumnya, MAN 3 Bantul juga meraih 3 trofi sekaligus pada ajang UPY Mathematics Competition. Jadi, dalam 2 bulan terakhir, MAN 3 Bantul total telah meraih 4 trofi pada kompetisi matematika. (roa)

Kontributor : MAN3BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 698

Bagikan