Pertemuan Rutin MGMP SKI MA DIY Bahas Kisi-kisi UAMBN 2020


Pertemuan Rutin MGMP SKI MA DIY Bahas Kisi-kisi UAMBN 2020
Kategori : INFORMASI
Tanggal : 2020-01-19 16:28:46

Bantul (MGMP SKI MA DIY) — Di tengah padatnya jadwal mengajar dan aktivitas lain, anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Daerah Istimewa Yogyakarta (MGMP SKI MA DIY) bersepakat meluangkan waktu untuk bertemu minimal sebulan sekali. Kesempatan kali ini, Sabtu (18/01/2020), MAN 3 Bantul berkenan untuk menjadi tuan rumah. Bertempat di Aula MAN 3 Bantul, para anggota sudah terlihat berkumpul sebelum pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya, Fatihatul Mubarokah, S. Pd. selaku perwakilan dari tuan rumah merasa sangat gembira karena dipercaya menjadi tuan rumah. “Saya mewakili tuan rumah menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu semua. Semoga MGMP SKI MA DIY semakin guyub dan maju,” tutur guru SKI MAN 3 Bantul yang juga pengurus MGMP SKI MA DIY Divisi kegiatan ini.

Wakhid Hasyim, S. Pd. I., ketua MGMP SKI MA DIY, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pertemuan tersebut ada 2 agenda, yaitu pembahasan kisi-kisi UAMBN tahun 2020 dan pembahasan matriks kegiatan setahun ke depan. Selain itu, Wakhid juga memaparkan perkembangan rencana pembuatan modul pembelajaran SKI MA.

Modul yang ditulis oleh tim pembuat modul yang dibentuk oleh dan dari anggota MGMP SKI MA DIY tersebut rencananya akan diterbitkan dan ber-ISBN. “Kami mohon doa dan dukungan dari semuanya. Semoga, modul kita sudah siap edar sebelum pergantian tahun pembelajaran. Jika bisa terwujud, insya Allah akan menjadi salah satu modul pertama, terbitan MGMP SKI MA, yang telah mengacu pada KMA Nomor 183 tahun 2019,” ujarnya.


Pembahasan kisi-kisi UAMBN 2020 disampaikan Elfa Tsuroyya, S.Ag., M. Pd. dan Hanifah, S. Hum. Keduanya merupakan guru senior SKI dari MAN 3 Sleman dan MAN 2 Sleman. Pemateri diambil dari internal anggota MGMP SKI MA DIY yang sudah berpengalaman mengajar SKI. Dengan demikian, pembahasan kisi langsung bisa diselaraskan dengan pengalaman mengajar di madrasah. Terutama, ketika membekali siswa kelas XII menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

“Guru SKI penting membekali diri dengan kajian materi dari berbagai sumber. Namun, kita harus bisa memilih sumber terpercaya dan akurat. Jangan sampai terjebak pada penyelewengan sejarah yang dapat berdampak fatal bagi pemahaman peserta didik”, tandas Elfa.
Acara berlangsung lebih kurang dua jam hingga menjelang waktu Zuhur. Semua materi kisi UAMBN  tersampaikan termasuk umpan balik dari anggota lain, guna melengkapi pembahasan. Di akhir acara, secara simbolis, ketua MGMP SKI MA DIY menyerahkan secara langsung kenang-kenangan kepada kedua pemateri sebagai ucapan terima kasih. 


Setelah acara formal resmi ditutup, dilanjutkan pembahasan matriks kegiatan MGMP SKI MA DIY dalam setahun ke depan oleh pengurus inti. Dengan disusunnya matriks kegiatan selama satu tahun, diharapkan pertemuan MGMP SKI MA DIY menjadi lebih sistematis dan terarah. Disepakati, pertemuan rutin anggota MGMP SKI MA DIY yang akan datang, rencana akan dilaksanakan pada 15 Februari 2020, bertempat di MAN 5 Sleman. (rur)

Kontributor : Bramma Aji Putra
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 1236

Bagikan