Satukan Langkah Penanganan Siswa, MTs Negeri 6 Bantul Gelar Brifing Wali Kelas


Satukan Langkah Penanganan Siswa, MTs Negeri 6 Bantul Gelar Brifing Wali Kelas Kepala MTs Negeri 6 Bantul Memimpin Brifing Wali Kelas
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-18 19:04:27

Bantul (MTs Negeri 6 Bantul) – Guna menyatukan langkah dalam membimbing siswa, Kepala Madrasah melakukan brifing dengan seluruh wali kelas. Brifing tersebut digelar pada Sabtu (18/1/2020) di ruang Laboratorium IPA MTs Negeri 6 Bantul. Sejumlah 18 guru selaku wali kelas dan wakil kepala urusan kehumasan duduk bersama melakukan pembahasan beberapa permasalahan yang terkait dengan siswa.

Setelah dibuka dengan membaca basmallah, kepala madrasah memimpin secara langsung brifing pagi itu. Ada beberapa informasi yang disampaikan oleh Mafrudah, Kepala MTs Negeri 6 Bantul. Beberapa hal yang dibahas di antaranya tentang kebersihan dan kedisiplinan.

Satukan Langkah Penanganan Siswa, MTs Negeri 6 Bantul Gelar Brifing Wali Kelas

Dituturkannya bahwa berdasarkan pengamatan yang dilakukan selama ini kebersihan kelas harus ditingkatkan mengingat masih ada beberapa sampah di laci dan lantai yang berserakan ke sana ke mari. Terutama saat siang hari. “Masalah kebersihan sebenarnya mudah untuk diwujudkan jika para siswa secara rutin telah melakukan piket dan minimal menjaga tempat duduknya sendiri dari sampah-sampah yang terbuang secara sembarangaan,” tutur Mafrudah.  “Kegiatan membersihkan tempat duduk masing-masing siswa dapat dilakukannya sebanyak tiga kali, yakni pagi hari, siang saat istirahat, dan saat akan pulang,” imbuhnya.

Selain kebersihan, Mafrudah juga mengingatkan tentang pentingnya kedisiplinan. Kedisiplinan yang dimaksud meliputi kedisiplinan dalam berpakaian, kedisiplinan dalam hal kehadiran, dan kedisiplinan memanfaatkan waktu istirahat dan salat. “Semua memiliki tanggung jawab atas kedisplinan siswa tanpa terkecuali,” ujarnya. Dengan melakukan kerja sama yang saling bersinergi antara wali kelas, guru kelas, dan BK dalam mengingatkan para siswa maka situasi menjadi tertib dan nyaman.  “Saat pergantian jam, menjelang salat duhur, dan les adalah jam-jam rawan bagi siswa karena banyak yang tidak bersegera masuk kelas atau menuju musala,” ungkap Kepala MTs Negeri 6 Bantul.

Sri Surmiyati Wali Kelas IXD menyampaikan bahwa brifing yang dilakukan secara rutin ini sangat baik dilakukan karena menjadi ajang bagi wali kelas untuk menyampaikan hal ihwal yang terkait dengan proses belajar mengajar. “Kegiatan semacam ini sangat baik, terlebih seluruh guru mengikutinya. Karena bagaimanapun siswa adalah milik seluruh guru dan pegawai yang ada di madrasah ini,” tuturnya saat diberi kesempatan untuk menyampaikan usulan di hadapan wali-wali kelas yang lain. Brifing dengan wali kelas berlangsung selama kurang lebih satu jam. (rin)

 

Kontributor : MTSN6BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 294

Bagikan