Tingkatkan Minat Baca, Perpusatakaan MTs N 8 Sleman Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Perpustakaan


Tingkatkan Minat Baca, Perpusatakaan MTs N 8 Sleman Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Perpustakaan Kepala Perpustakaan MTs N 8 Sleman Siti Nur Hidayati, S.Pd memberikan sosialisasi kepada para siswa
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-18 09:17:14

Yogyakarta (MTsN 8 Sleman) – Keberadaan koleksi buku perpustakaan yang telah dimiliki MTsN 8 Sleman belum sepenuhnya optimal digunakan oleh para siswa. Sebagai salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat baca dari para siswa itu sendiri. Hal ini menjadi “cambuk” bagi pengurus perpustakaan MTsN 8 Sleman agar selalu melakukan sosialisasi koleksi perpustakaan beserta inovasi–inovasi program yang dapat meningkatkan kunjungan dan minat baca para siswa.

Salah satu kegiatan sosialisasi yang diadakan Sabtu (11/1/2020) dilakukan oleh para Pustakawan MTsN 8 Sleman yakni Siti Nur Hidayati, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan dengan dibantu oleh Dina Rachmawati, A.Md beserta Endang Widayati. Sejumlah dua ratus dua siswa-siswi dari kelas VII dihadirkan dalam sosialisasi ini. Kepala perpustakaan menambahkan tujuan sosialisasi adalah sebagai penerapan gerakan peningkatan literasi membaca dalam kehidupan sehari-hari bagi seluruh warga madrasah, memberikan motivasi kepada para siswa untuk lebih giat dalam belajar.

Tingkatkan Minat Baca, Perpusatakaan MTs N 8 Sleman Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Perpustakaan

Tingkatkan Minat Baca, Perpusatakaan MTs N 8 Sleman Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Perpustakaan

Dalam kesempatan ini Siti Nur Hidayati menyampaikan pengenalan tentang koleksi buku perpusatakaan yang dimiliki, absensi digital perpustakaan dan simulasi peminjaman pengembalian buku dengan menggunakan alat barcode reader. Berbagai macam inovasi ini dilakukan oleh pihak perpustakaan untuk meningkatkan pelayanan sebagai salah satu sarana peningkatan pengetahuan dan efisiensi dalam pengelolaan perpustakaan. Absensi digital perpustakaan sangat efektif digunakan dalam dunia perpustakaan, dengan keberadaan teknologi tersebut pihak perpusatakaan dapat mengetahui grafik data pengunjung perpustakaan secara akurat berdasarkan nama siswa maupun per kelas. ”Nantinya akan ada reward bagi siswa maupun kelas teraktif dalam berkunjung dan meminjam buku di perpustakaan berdasarkan absensi digital ini,” ujarnya.

Kepala MTsN 8 Sleman, Jazim Kholis, S.Ag mengapresiasi langkah yang diambil oleh pustakawan MTsN 8 Sleman dan berharap kegiatan tersebut dapat meningkatkan minat baca di lingkungan madrasah. Penyelenggaraan sosialisasi pembudayaan gemar membaca merupakan salah satu bentuk  kegiatan yang sejalan dengan komitmen dan visi misi madrasah untuk mewujudkan Insan Cendekia yang Bertakwa, Berakhlakul Karimah, Berprestasi, Berwawasan Lingkungan, Inovatif, dan Mandiri (BERIMAN). (imm/tnf)

Kontributor : MTSN8SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 418

Bagikan