Tingkatkan Kompetensi Guru MI melalui Verifikasi dan Validasi Administrasi Guru


Tingkatkan Kompetensi Guru MI melalui Verifikasi dan Validasi Administrasi Guru Verifikasi dan Validasi (verval) Administrasi Guru Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Ngawen
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-17 09:49:06

Gunungkidul (MIN 1 Gunungkidul) - Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah serta tertib administrasi, kementerian Agama Kabupaten Gunungkidul melaksanakan Verifikasi dan Validasi (verval) administrasi guru. Bertempat di aula MIN 1 Gunungkidul, pada Kamis (16/1/2020), Guru ASN dan Guru Profesional MI di lingkungan Kemenag kecamatan Ngawen (MIN 1 Gunungkidul, MIN 12 Gunungkidul, MI YAPPI Nologaten, MI YAPPI Batusari, MI YAPPI Tobong dan MI Muhammadiyah Kepil) sejumlah 40 guru diverifikasi berkas administrasinya. Verval dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 14.00. Verval dilakukan oleh Sri Rahmiyati, S.Pd, M. Pd, Indra Susilaningsih, S.Pd, M.Pd.I, Sri Kusrini, S. Pd.I, M.Si dan Salabi, S.Ag. MSI selaku Pengawas Madrasah Ibtidaiyah.

Verval perangkat pembelajaran dilaksanakan secara berkelanjutan, khususnya bagi guru ASN dan Guru yang sudah menerima tunjangan profesi. Tujuan verval adalah untuk memastikan guru-guru menyiapkan perangkat administrasi secara lengkap selama satu tahun berjalan. Perencanaan yang baik akan mendukung pelaksanaan pembelajaran yang baik pula.

Tingkatkan Kompetensi Guru MI melalui Verifikasi dan Validasi Administrasi Guru

Tingkatkan Kompetensi Guru MI melalui Verifikasi dan Validasi Administrasi Guru

Perangkat administrasi yang diverval meliputi perangkat perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan instrumen penilaian beserta hasilnya. Semuanya harus dilengkapi dan disiapkan oleh guru untuk selanjutnya diverval oleh Pengawas selaku tim verifikator.

Secara detail, instrumen verval meliputi:

- Kesesuaian dalam Tugas Mengajar

- Kalender Pendidikan

- Program Tahunan

- Program Semester

- Pengembangan Silabus

- Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

- Kriteria Ketuntasan Minimal

- SK Pembagian Tugas Mengajar

- Jadwal Mengajar

- Jurnal Mengajar

- Buku Teks

- Buku Referensi

- Daftar Nilai Sikap

- Daftar Nilai Pengetahuan

- Daftar Nilai Keterampilan

- Kisi-kisi Soal beserta bank soal

- Analisis Hasil Penilaian Harian

- Remedial dan

- Pengayaan

Dari semua instrumen yang dipersyaratkan, seorang guru minimal harus mendapatkan nilai B dengan kategori Baik (81-90).

“Saya berharap kedepanya tidak hanya di sini saja,seorang guru berpengaruh sangat penting untuk masa depan para penerus bangsa,dan tugas seorang guru haruslah bersikap tegas terhadap anak didiknya agar para murid mempunyai potensi untuk maju kedepanya" tandas Indra

Diera serba canggih seperti saat ini kita harus bisa mensikapi seiring perkembangan zaman agar bisa memanfaatkan teknologi yang serba canggih untuk lebih membantu para siswa menjadi generasi yang hebat dan bermatabat"imbuhnya.

 M. Abdul Salam S.Pd.I selaku Ketua Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) ,mengatakan acara ini bisa menjadikan para guru termotifasi sehingga lebih maju dalam kinerjanya

"Tanggung jawab yang besar sebagai seorang guru untuk kemajuan anak didiknya agar para siswa kedepannya menjadi orang yang berpotensi untuk kemajuan bangsa dan negara" pungkasnya. (isb)

Kontributor : MIN1GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 693

Bagikan