Raih Medali ISTEC, Tim MAN 4 Bantul Harumkan Nama Indonesia


Raih Medali ISTEC, Tim MAN 4 Bantul Harumkan Nama Indonesia Tim Manembayo berfoto seusai menerima medali
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-17 09:06:12

Bantul (MAN 4 Bantul) – Tim Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Bantul Yogyakarta (Manembayo) raih medali perak dan perunggu pada kompetisi riset Internasional yang di adakan oleh Internasional Science Technology and Engineering Competition (ISTEC). Lomba diselenggarakan pada Selasa hingga Rabu (14-15/01/2020) di Graha Siliwangi Bandung.

Kepala Manembayo Singgih Sampurno menjelaskan, anak didiknya beberapa bulan terakhir fokus mempersiapkan riset mereka untuk dipresentasikan pada final kompetisi riset Internasional yang diadakan oleh ISTEC. Antitom Spray dan Rice Boxes Dryer adalah hasil riset anak didik Manembayo yang akan sangat berguna bagi orang lain.

Ilmina Jihan Zafira dan Munarsih mendapat medali perak lewat penelitian mereka yang berupa “Antitom Spray” sebuah larutan berbahan daun ubi jalar sebagai penangkal tomcat. Hasil riset mereka diganjar medali perak pada kompetisi yang diadakan di Bandung itu.

Satu lagi medali perunggu diraih oleh Dedi Irawan dan Muhammad Afsar. Riset di bidang Engineering yang berupa “Rice Boxes Dryer,” sebuah mesin pengering padi yang akan sangat cocok digunakan para petani Indonesia yang memiliki dua musim yaitu kemarau dan hujan.

Peserta ISTEC datang dari 14 negera. Selain Indonesia, terdapat peserta dari Paraguay, Srilanka, Vietnam, Pakistan, Brazil, Oman, Thailand Turkey, Philippines, Turkmenistan, South Afrika, Egypt, dan Malaysia. Dengan raihan dua medali, peserta didik Manembayo telah mengaharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Pada kompetisi ISTEC sebelumnya, Manembayo juga berhasil meraih medali perunggu. (uun)          

Kontributor : MAN4BANTUL
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 227

Bagikan