MIN 8 Gunungkidul Menjadi Tuan Rumah Visitasi Guru MI Kecamatan Semanu


MIN 8 Gunungkidul Menjadi Tuan Rumah Visitasi Guru MI Kecamatan Semanu Pelaksanaan visitasi guru di MIN 8 Gunungkidul, Kamis (16/01/2020)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2020-01-16 12:15:43

Gunungkidul (MIN 8 Gunungkidul) - Terdapat lima Madrasah Ibtidaiyah lingkup Kecamatan Semanu yang mengikuti visitasi guru di MIN 8 Gunungkidul, Kamis (16/01/2020). Guru yang mengikuti visitasi adalah guru-guru yang sudah bersertifikasi. Total ada sembilan belas guru dengan rincian sembilan guru dari MIN 8 Gunungkidul ditambah dengan sepuluh guru dari MI Swasta.

Wagiran, Mahmud Ali, dan Siti Munawaroh merupakan jajaran pengawas yang bertugas melakukan visitasi di MIN 8 Gunungkidul. Visitasi bukan sekedar menjodohkan instrumen penilaian dengan administrasi yang dimiliki guru. Lebih dari itu, dalam pelaksanaan visitasi juga dilakukan pembinaan pembuatan administrasi guru yang baik dan benar sesuai kurikulum terbaru. Selanjutnya, Wagiran menuturkan bahwa visitasi jangan dijadikan sebagai ‘momok’ karena ini merupakan kegiatan rutin. Sesuai dengan tugas guru, selain mengajar juga harus memenuhi administrasi sesuai juknis yang ada.

MIN 8 Gunungkidul Menjadi Tuan Rumah Visitasi Guru MI Kecamatan Semanu

Menghadapi visitasi ini, para guru di MIN 8 Gunungkidul telah mempersiapkan semua administrasi sesuai dengan instrumen penilaian dari pengawas. Administrasi guru sudah rutin dibuat setiap awal tahun pembelajaran dan awal semester baru. Poin-poin dalam instrumen penilaian pada dasarnya sudah dilaksanakan setiap hari, sehingga ketika jadwal visitasi tiba, para guru MIN 8 Gunungkidul cukup menyempurnakannya saja.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dalam persiapan visitasi guru karena sudah terkondisi sejak awal. Administrasi guru selama satu semester tidak mungkin dapat dikerjakan secara mendadak. Semua ini adalah proses pembelajaran mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi yang sudah rutin dilakasanakan oleh kami setiap hari,” papar Suwari, salah satu guru MIN 8 Gunungkidul. (tna)

Kontributor : MIN8GK
Editor : Eko Triyanto
Dibaca : 576

Bagikan