Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN 2 Sleman


Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN 2 Sleman
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-06-21 10:25:06

Sleman (MAN 2 Sleman) - Bertempat di ruang kelas XII IPS 1, kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah ( PKKM ) MAN 2 Sleman berlangsung hikmat. Diawali dengan presentasi Kepala Madrasah tentang program dan capaian madrasah , kegiatan dilanjutkan dengan penilaian per komponen penilaian kinerja.

Kepala MAN 2 Sleman , Ali Asmu’i, S.Ag., M.Pd. menjadi Kepala MAN 2 Sleman selama 14 bulan terhitung mulai 1 Maret 2018.Dalam menjalankan tugas kedinasan beliau mengacu pada regulasi yang ada. Selain itu  prinsipTotal Quality Management  ( TQM ) dan Penjaminan Mutu Pendidikan dijadikan pegangan untuk menata madrasah. Pada awal masuk madrasah beliau segera melakukan penataan penguatan Sumber Daya Manusia ( SDM ) , pembenahan tata kelola komite madrasah,  optimalisasi tata kelola dan layanan madrasah inklusi dan melanjutkan serta menyukseskan pembangunan masjid madrasah senilai 3 milyar.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN 2 Sleman

Sebanyak 12 prestasi akademik dan 13 prestasi non akademik baik pada tingkat kabupaten, provinsi, nasional maupun internasional telah dicapai.Ada sebuah prestasi yang sangat membanggakan ,yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu siswa MAN 2 Sleman , atas nama Sultan Alta Alvaro Valencia (Alta )bisa mengikuti Olimpiade Sains hingga tingkat nasional,sebuah ajang olimpiade milik Dinas Pendidikan. Alta ini juga menjadi satu-satunya wakil DIY yang berasal dari kabupaten Sleman.Bulan Juli yang akan datang Alta akan mengikuti kompetisi OSN di Manado.

Para penilai berasal dari unsur pengawas, guru,pegawai, komite, dan pejabat dari Kanwil serta Kantor Kemenag Kabupaten.Pejabat penilai dari Kanwil Kemenag Yogyakarta yaitu Dra. Hj. Noor Imanah, M.A., Muhammad Labib dari Kemenag Kabupaten Sleman,para Pengawas Madrasah Dra. Hj. Charisatuniswah, M.Pd, dan Dra. H. Ngabdullah, wakil dari komite yaitu Drs. H. Shobariman,dan Ana Eka Suryati, M.Pd., dari unsur pegawai yaitu Dra. Hj. Istiqomah , dan Sri Wulandai ,SE.,serta dari unsur guru yaitu Dra. Hj. Siti Maimunah , dan Hj. Retno Sundari, M.Pd.

Berdasarkan Juknis Penilaian Kinerja Kepala Madrasah - Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1111 tahun 2019. Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) merupakan suatu proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas Kepala Madrasah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala madrasah. Peraturan Menteri Agama Nomor 58 Tahun 2017 menjelaskan bahwa penilaian kinerja kepala madrasah meliputi; usaha pengembangan madrasah yang dilakukan selama menjabat sebagai kepala madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Penilaian kinerja kepala madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun. Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas madrasah, sedangkan penilaian kinerja empat tahunan clilaksanakan oleh tim penilai. Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang, atau kurang.

PKKM dilakukan untuk melihat kinerja  Kepala Madrasah yang kemudian akan digunakan oleh  Madrasah / Yayasan , Kantor Kementerian Agama,  serta Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah..“PKKM sebenarnya memotret diri semua guru dan pegawai di satuan kerja masing-masing madrasah berdasarkan kepemimpinan Kepala Madrasah,” demikian ulasan dari  Kasi Kurikulum Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Yogyakarta, Noor Imana.( fit/tnf )

 

 

Kontributor : MAN2SLEMAN
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 1143

Bagikan