Kemenag-Polda DIY Resmikan Sumber Air di Gunungkidul


Kemenag-Polda DIY Resmikan Sumber Air di Gunungkidul Peresmian Sumber Air oleh Kakanwil Kemenag DIY dan Waka Polda DIY
Kategori : KANWIL
Tanggal : 2020-01-02 21:29:44

Gunungkidul (Humas Kemenag DIY) –  Peresmian Sumber Air dan Penanaman Pohon oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I dan Waka POLDA DIY Brigjen Polisi Karyoto, S.Ik berlangsung Kamis (02/01/2020) di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul.

Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan rasa bahagianya bisa hadir dan bertemu langsung dengan masyarakat Desa Mertelu. Menurutnya, meskipun angka kemiskinan masyarakat DIY masih tinggi namun ternyata tidak linier dengan usia harapan hidup yang termasuk paling tinggi di Indonesia. “Ternyata penyebabnya masyarakat DIY menikmati hidup dengan bahagia,” urainya.

Kemenag-Polda DIY Resmikan Sumber Air di Gunungkidul

Kemenag-Polda DIY Resmikan Sumber Air di Gunungkidul

Lebih lanjut ia menguraikan tentang pentingnya air bagi sumber kehidupan. Mengingat wilayah geografis Gunungkidul termasuk terluas yakni sekitar 1/3 dari DIY, sangat dimaklumi jika kebutuhan suplay air sangat minim. “Melihat kondisi ini, kami tergerak untuk memberikan bantuan berupa pengadaan sumber air,” tandasnya. Diakui, kegiatan ini atas inisiasi Bripka Nur Ali Suwandi (Polda DIY)

Pihaknya berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan sumber mata air ini secara maksimal agar kelak pahalanya mengalir kepada yang memberikan, khususnya pada warga yang telah menyumbangkan sebagian lahannya untuk kepentingan umum warga desa Mertelu.

“Pada kesempatan ini nanti akan dibagikan bingkisan sembako untuk warga masyarakat sekitar sejumlah 250 paket yang telah disediakan oleh Kanwil Kemenag DIY, Polda DIY, dan Baznas DIY,” imbuh Kakanwil. 

Sebelumnya Waka Polda DIY dalam sambutannya mengajak warga untuk meningkatkan rasa solidaritas, setia kawan, dan saling berbagi. “Bisa dalam bentuk tenaga, pikiran, doa, dan juga jika memungkinkan dalam bentuk materi,” tandasnya.

Pembacaan doa penutup oleh Brigadir Muhammad Yusuf yang turut diamini oleh hadirin. Dilanjutkan dengan penandatangan prasasti Peresmian Sumber Air “Bumi Damai” Mertelu, Gedangsari, Gunungkidul. Merupakan Kerjasama Kanwil Kemenag DIY dan POLDA DIY dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama Ke-74 Tahun 2020. 

Rangkaian acara diakhir dengan Peresmian Sumber Air, uji coba mesin, dan penanaman pohon bersama Komunitas Selembar Daun sebagai bentuk komitmen menjaga dan melestarikan lingkungan. Sumber air ini diprediksi memiliki debit air besar yang kemudian mampu disalurkan ke tempat ibadah, rumah penduduk kurang lebih 500 rumah, juga dimanfaatkan untuk kepentingan warga masyarakat dalam kesehariannya. Ke depan sumber air ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam jangkauan yang lebih luas. 

Turut hadir Waka Polda DIY Brigjen Polisi Karyoto, S.Ik, Kepala Kankemenag Kabupaten Gunungkidul H. Aidi Johansyah, S.Ag, M.M, Kabid Penais Zawa Drs. H. Muklas, M.Si, Ketua Baznas DIY, Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Gunungkidul H. Arif Gunadi, Jajaran pejabat di lingkungan Kemenag DIY, Camat Desa Mertelu, Lurah Mertelu, dan warga masyarakat sekitar. (tnf)

Kontributor : Titik Nur Farikhah
Editor : Titik Nur Farikhah
Dibaca : 329

Bagikan