Berkat Kekompakan Tim ARD MAN 2 Yogyakarta LHPP Selesai Lebih Awal


Berkat Kekompakan Tim ARD MAN 2 Yogyakarta LHPP Selesai Lebih Awal Tim ARD melakukan pendampingan kepada guru-guru dalam rangka penyiapan LHPP
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-26 20:52:18

Yogyakarta(MAN2Yogyakarta)-Berakhirnya Semester Gasal Tahun Pelajaran 2019/2020 ditandai dengan pembagian Laporan Hasil Penilaian Pendidikan (LHPP) yang diserahkan kepada orang tua sebagai bentuk pertanggungjawaban madrasah dalam melaksanakan proses pembelajaran. LHPP yang dibagikan melalui proses panjangnya dari berbagai pihak barulah tercetak dalam lembaran-lembaran kertas yang dapat dicermati oleh orang tua, bahkan siswa dan juga guru. Proses panjang yang dilalui melibatkan guru sebagai pelaksana pembelajaran yang bertugas merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Dalam tugasnya sebagai guru yang harus selalu mengikuti perkembangan jaman, maka kreatifitas dan kemampuan mengoperasikan Teknologi Informasi adalah salah satu tuntutan yang harus dipenuhi.

Oleh karena itu untuk mendukung suksesnya pembagian LHPP yang serba digitalisasi, MAN 2 Yogyakarta membentuk tim Aplikasi Raport Digital (ARD) yang berada di bawah koordinasi Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pusat Komunikasi. Ketua tim ARD Surya Tryana Suprihatin,S.Pd menyampaikan bahwa dirinya dan tim, selalu siap dalam melayani bapak ibu guru yang akan mengerjakan ARD. Mulai dari pemanfaatan Androprint sebagai sarana Penilaian Akhir Semester (PAS) hingga mengunduh hasil ujian. Selanjutnya pendampingan bagi bapak-ibu guru yang akan input data siswa dan mengolah hasil nilai yang diterima dari guru mata pelajaran. Tidak hanya berhenti sampai mengolah nilai, bahkan mencetak hasil akhir, tim ARD selalu sigap membantu para guru dalam melaksanakan tugasnya.

Berkat Kekompakan Tim ARD MAN 2 Yogyakarta LHPP Selesai Lebih Awal

Keunggulan lain dari ARD MAN 2 Yogyakarta adalah para guru telah dibekali sejak awal (kurang lebih 2 semester) tentang pemanfaatan sistem ARD, sehingga ketika sistem dibuat dalam jaringan (daring/online) maka guru dapat mengakses dari rumah atau dimanapun berada tanpa harus berada di lingkungan madrasah sehingga lebih fleksibel dan cepat selesai.

“Semua pendidik maupun tenaga kependidikan harus terbiasa dengan aplikasi berbasis digital baik ARD, Androprint, maupun EMIS. Kedepannya ARD sebaiknya akan semakin simpel, siap digunakan tidak hanya menjelang pembagian LHPP sehingga tidak ada data yang berubah. Dan ARD diharapkan mempermudah guru dalam memberikan laporan penilaian kepada peserta didik,” jelas Surya, Kamis (26/12).

Waka Kurikulum Evi Effrisanti,S.TP menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua guru yang telah bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan pengisian ARD sehingga dapat selesai lebih awal dan dapat dibagikan sesuai jadwalnya. Tak lupa apresiasi tinggi juga disampaikan kepada tim ARD yang telah bekerja tanpa lelah dalam melaksanakan tugasnya mendampingi semua guru. Dirinya juga berharap di waktu yang akan datang semoga ada perkembangan yang lebih baik, mudah dan memiliki manfaat yang lebih banyak lagi dari sebuah sistem seperti ARD.(diw)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 455

Bagikan