Pegawai MAN 2 Yogyakarta Laksanakan Salat Khusuf


Pegawai MAN 2 Yogyakarta Laksanakan Salat Khusuf Seluruh pegawai Tata Usaha MAN 2 Yogyakarta sedang mendengarkan khutbah seusai melaksanakan salat sunnah Khusuf, Kamis (26/12)
Kategori : MADRASAH
Tanggal : 2019-12-26 16:43:51

Yogyakarta(MAN2Yogyakarta)- Seluruh Pegawai Tata Usaha MAN 2 Yogyakarta melaksanakan salat sunnah Khusuf (Salat sunnah Gerhana Matahari/Bulan). Sesuai edaran Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, bahwa pada Kamis (26/12) bertepatan dengan tanggal 29 Rabi’ul Akhir 1441 H mulai pukul 10.34 WIB di sebagian wilayah Indonesia akan terjadi Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari sebagian. Puncak Gerhana akan terjadi pada pukul 12.17 WIB dan akhir gerhana pukul 14.00 WIB.  Beberapa negara yang juga akan dilewati Gerhana Matahari Cincin yaitu Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilanka, Samudera India, Singapura, Malaysia dan Samudera Pasifik.

Bertepatan dengan fenomena langka ini maka seluruh pegawai Tata Usaha MAN 2 Yogyakarta dipimpin Kepala Madrasah Drs. H. Mardi Santosa bersama dengan beberapa siswa yang sedang melaksanakan latihan teater dalam tugas akhir, melaksanakan Salat sunnah Khusuf. Bertindak sebagai Imam dan Khotib adalah Muhammad Fathoni, S.Pd staf Tata Usaha bagian pengelola  Barang Milik Negara.

Pegawai MAN 2 Yogyakarta Laksanakan Salat Khusuf

Salat sunnah Khusuf dilaksanakan setelah melaksanakan sholat dhuhur berjamaah. Salat Khusuf ini utamanya dilaksanakan di masjid dan dilaksanakan secara berjama’ah dan dengan khutbah sesudah salat. Tanpa adzan dan iqamah, salat Khusuf dikerjakan sebanyak dua raka’at dengan bacaan jahr. Pada tiap-tiap raka’at dikerjakan dua ruku’ dan dua sujud. Diawali dengan takbiratul Ihram, membaca do’a iftitah, ta’awwudz, basmallah, membaca Al-Fatihah dan surat/ayat Al-Qur’an, Ruku’ dan membaca tasbih ruku’, i’tidal, sujud dan membaca tasbih sujud, duduk diantara dua sujud, sujud kedua kemudian berdiri untuk raka’at kedua. Pada raka’at kedua dikerjakan seperti raka’at pertama mulai dari basmallah dan seterusnya. Selanjutnya duduk attahiyyat dengan membaca tasyahhud dan salawat diakhiri salam. Dilanjutkan dengan mendengarkan khutbah. Dengan demikian selesailah rangakaian salat Khusuf.

Dalam khutbahnya Muhammad Fathoni,S.Pd menegaskan kembali bahwa sebagai makhluk Allah kita harus selalu bersyukur dan selalu menjaga ekosistem, agar sunnatullah tetap berjalan dengan sebaik-baiknya.”Sesungguhnya matahari dan bulan itu diantara tanda-tanda kekuasaan Allah, keduanya tidak gerhana karena kematian atau kelahiran sesorang. Maka apabila kalian melihat yang demikian itu, bertakbirlah, berdoalah kepada Allah, salatlah dan bersedekahlah”.(HR.Muslim juz 2 hal:618).“Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak dzikir, istighfar, sedekah, dan melalukan amal kebajikan lainnya, maka semoga yang kita kerjakan hari ini menjadikan sebuah nilai kebaikan dan hanya kepada Allah kita mengharapkan ridhaNya” tandas Fathoni.(diw)

Kontributor : MAN2YOGYA
Editor : Bramma Aji Putra
Dibaca : 503

Bagikan